Menciptakan Suasana Dengan Paduan Warna

Menciptakan Suasana Dengan Paduan Warna

Karena warna mempengaruhi suasana hati Anda. Jika kita merasa tenang berada di suatu ruang tertentu, artinya ruang tersebut dapat menciptakan mood yang tepat dengan suasana hati. Misalnya, untuk meciptakan suasana akrab, kekeluargaan, dan intim, gunakan warna panas dan hangat.

Kombinasi warna analog maupun kontras dapat digunakan. Sedangkan warna sejuk dan dingin digunakan untuk menciptakan suasana damai, menenangkan, menentramkan, dan dapat meningkatkan relaksasi. Sebaiknya kombinasi warna analog atau monokromatis untuk menciptakan suasana tenang.

Kombinasi warna analog dan monokromatis dapat menciptakan suasana bersahaja. Sementara untuk menciptakan suasana yang menceriakan, kreatif, gunakan kombinasi warna kontras. Skema warna monokromatis mudah membosankan dan bahkan meningkatkan depresi, pada kasus warna tertentu seperti biru.

Untuk keseimbangan, pilih warna kontras komplementer dalam bentuk warna yang pucatnya. Misalnya, warna kontras biru adalah jingga, tapi untuk menghindari warna terang di kamar tidur, gunakan warna persik yang lebih lembut.