Masalah Pada Cat Eksterior

Masalah Pada Cat Eksterior

Cat dinding bagian eksterior (luar) lebih rentan terjadi kerusakan. Karena umumnya dinding luar terkena cahaya matahari atau cuaca secara langsung. Pada cat eksterior, masalah yang sering dihadapi yaitu warna cat yang memudar, berjamur dan berlumut, serta lapisan cat terkelupas.

Warna cat memudar, pudarnya warna cat dapat disebabkan pigmen warna yang terkandung di dalam cat tidak kuat terhadap sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari. Jika pudarnya cat disebabkan oleh hal ini, perubahan warna akan terjadi diseluruh permukaan tembok. Biasanya warna-warna cerah dari pigmen organik seperti biru muda, hijau muda, merah muda, dan ungu kurang tahan dibandingkan dengan warna-warna dengan pigmen nonorganik, seperti merah dan coklat tua. Namun warna muda tadi bisa diakali dengan menggunakan sealer.

Berjamur dan berlumut, cat eksterior yang berjamurdisebabkan oleh tembok yang lembab akibat bocor atau proses pengacian yang belum benar-benar kering. Tembok yang lembab bisa juga disebabkan oleh tanaman atau pot yang diletakkan menempel pada tembok.Bila pada permukaan cat muncul jamur dan lumut maka cat tersebut harus dikerok dan diampelas. Setelah itu tembok diberi lapisan fungsida wash (Cairan anti jamur ARCA Pembersih Lumut) untuk mematikan jamur dan lumut. Biarkan hingga kering lalu bersihkan dengan air supaya kandungan kimia yang bersifat asam bisa hilangdan tidak merusak cat.

Cat terkelupas, cat mengelupas karena tidak bisa melekat dengan baik ke permukaan tembok. Rendahnya daya lekat dikarenakan kondisi tembok lembab, berminyak, dan masih ada debu yang menempel sehingga cat tidak dapat melekat dengan sempurna. Terkelupasnya cat bisa juga pengecatan dilakukan di atas permukaan lama yang sudah mengapur atau bisa juga karena penggunaan plamur (dempul) tembok. Dempul dibuat dengan bahan dasar kapur dan sedikit perekat, sehingga sifatnya keras, getas dan daya rekatnya rendah sehingga bisa mengakibatkan lapisan cat eksterior terkelupas, terjadi warna belang atau tampilan yang kurang baik.Kualitas cat juga berpengaruh terhadap daya rekat. Perekatan yang baik untuk cat eksterior adalah lateks. Saat ini, lateks terbuat dari bahan sintetis yaitu akrilik. Biasanya pada kaleng kemasan cat eksterior yang baik tertulis 100% Acrylic.

Artikel Terkait