Tips Menata Pot Tanaman

Tips Menata Pot Tanaman

Ketika akan menghadirkan pot tanaman, pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu ukuran pot. Ukuran pot harus memperhatikan jenis tanaman yang akan ditanam dalam pot tersebut. 

 

Tips Menata Pot Tanaman

 

Dalam banyak kasus, pot yang lebih besar, dalam hal ini dari segi luas maupun volumenya, umumnya akan jauh lebih baik, terutama untuk tanaman-tanaman yang tumbuh, seperti tanaman tomat dalam pot. Ruang yang lebih lapang juga akan membantu mempermudah proses bagi tanaman untuk menyerap air dan pupuk serta untuk perkembangan akar tanaman.

Ukuran pot juga harus memperhatikan jenis akar dari tanaman. Yang pasti, ukuran pot harus bisa mengakomodasi akar tanaman tersebut. Bahan pot, penggunaan bahan untuk pot harus diperhatikan. Pilihan pada bahan pot ini akan berdampak pada frekuensi penyiraman tanaman Anda. Pot yang terbuat dari bahan berpori seperti tanah liat kering lebih cepat daripada yang terbuat dari plastik atau kayu.

Sehingga, Anda harus menyiram air bagi tanaman di dalamnya lebih sering, terutama di iklim panas atau berangin. Jika Anda lebih suka pot dari wadah kayu, pastikan pot-pot tersebut terbuat dari bahan tahan busuk seperti cedar atau redwood. Semua pot yang Anda gunakan sebaiknya memiliki lubang drainase. Jangan biarkan drainase yang tak bagus karena dapat membuat akar tanaman menjadi busuk.

 

 

 

Cat Tembok Sanlex Weatherproof