Manfaat Penggunaan Cat Dasar pada Tembok, Bisa Membuat Hasil Pengecatan Lebih Awet!

Manfaat Penggunaan Cat Dasar pada Tembok, Bisa Membuat Hasil Pengecatan Lebih Awet!

Pada tembok lama maupun baru, penggunaan cat dasar merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan pada dasarnya cat dasar harus diaplikasikan pada setiap permukaan yang akan dicat, bukan hanya tembok, tapi juga kayu, besi, atau permukaan lainnya.

Penggunaan cat dasar ini tentunya bukan tanpa tujuan. Keberadaan cat dasar akan memudahkan Anda untuk mengaplikasikan cat utama dan membuat hasil pengecatan lebih sempurna.

Manfaat Penggunaan Cat Dasar

Apa saja sebenarnya manfaat penggunaan cat dasar? Simak jawabannya di bawah ini!

1. Mencegah Cat Menyerap ke Permukaan

Lapisan pertama cat kemungkinan akan terserap ke permukaan. Hal ini akan membuat kita membutuhkan lebih banyak cat untuk mendapatkan warna tembok yang kita inginkan. Cat dasar membantu menyegel permukaan agar nantinya cat utama tidak terserap oleh tembok. Dengan begini, jumlah cat yang diperlukan akan lebih sedikit daripada tidak menggunakan cat dasar

2.Menyamarkan Bentuk yang Tidak Sempurna

Pada tembok baru, Anda mungkin akan menemukan sambungan di beberapa titik. Cat dasar dapat membantu untuk menyamarkan sambungan atau retakan tersebut. Tembok akan terlihat sempurna ketika Anda mengaplikasikan cat utama. Aplikasikan Sanlex Alkali Resisting Primer pada tembok baru untuk membantu mendapatkan hasil pengecatan tembok baru yang lebih sempurna.

3.Menetralkan Permukaan

Umumnya primer memiliki warna putih atau warna netral lainnya. Hal ini disebabkan karena primer memang bertugas membuat warna permukaan menjadi netral. Dengan permukaan yang netral, cat utama akan dapat lebih menunjukkan warna aslinya.

4.Melindungi dari Jamur

Primer atau cat dasar juga bertugas melindungi permukaan dari masalah seperti jamur. Pada permukaan yang tidak tahan air, primer akan mencegah air tersebut menyentuh permukaan, sehingga jamur dan masalah sejenisnya dapat dihindari.

5.Membuat Hasil Pengecatan Lebih Awet

Penggunaan cat dasar dipercaya dapat membuat hasil cat menjadi lebih awet. Cat dasar dapat mencegah beberapa masalah cat umum seperti retak, mengelupas, ataupun menggelembung. Penggunaan cat dasar juga membuat cat utama menjadi lebih awet sehingga Anda tidak perlu mengecat ulang untuk waktu yang lebih lama.

Aplikasikan Sanlex Alkali resisting primer pada tembok baru yang sudah kering sempurna atau tembok lama yang sudah dibersihkan sebanyak 2x lapis. Tunggu selama 24 jam kemudian aplikasikan Sanlex Wall Filler untuk area yang tidak rata. Tunggu wall filler kering selama 6 jam sebelum melakukan aplikasi cat akhir.