Additif Dispersant Untuk Bahan Baku Cat Tembok

Additif Dispersant Untuk Bahan Baku Cat Tembok

Tahukah Anda apa itu additif dispersant? dispersant atau dispersing agent yaitu bahan pembantu untuk men-disperse pigment dalam formulasi cat sehingga dapat dicapai kualitas warna optimal yang diinginkan dari pemakaian extender pigment dalam formulasi cat tersebut.

additife dispersant

Fungsi dispersant sebenarnya adalah karena bahan baku pigment berbentuk powder, dan umumnya masih fresh partikelnya yang saling lengket satu sama lain (secara mikroskopis), maka bahan baku dispersant ini akan berusaha untuk melapisi partikel-partikel pigment tersebut sehingga berjarak renggang, setelah dicampur dengan bahan baku pembuatan cat yang lain kemudian tidak menjadi bersatu kembali.

Setelah terjadi pelapisan pada permukaan pigment itu, dispersant kemudian memberikan affinity pada partikel-partikel pigment yang kemudian akan mencegah partikel tersebut saling membentuk agglomerate (gumpalan) kembali, sehingga pigment tersebut tersebar sempurna dan mampu memberikan warna yang optimal. Kemampuan dispersant yang utama selain melapisi adalah membasahi permukaan pigment tersebut.

Optimalisasi pemakaian pigment dalam formulasi cat sangat penting, karena untuk menekan biaya, juga dengan optimalisasi ini diharapkan terjadi stabilisasi pigment-dispersant, sehingga pada saat produksi, storage, dan aplikasi tidak terjadi separasi warna. Ada beberapa