Teknik Tepat Mengecat Tembok Eksterior

Teknik Tepat Mengecat Tembok Eksterior

Karena cat tembok eksterior diperuntukkan melapisi tembok bagian luar, maka cat jenis ini dilengkapi dengan formulasi yang tahan terhadap cuaca. Sehingga, ketika akan mengecat tembok luar, pastikan Anda menggunakan cat eksterior yang berkualitas dan lakukan teknik pengecata yang tepat.

Untuk mengecat tembok eksterior, bersihkan tembok dari lumut/jamur. Jika masih ada jamur atau lumut, sebaiknya lakukan pembersihan dengan pengamplasan hingga benar-benar bersih. Jangan gunakan plamir kalsium. Memang plamir membuat tampilan tembok kita menjadi terlihat sangat rata, tapi muncul resiko dikemudian hari karena dengan penggunaan plamir akan memicu pengelupasan dan mudah ditumbuhi jamur/lumut.

Sebaiknya sebelum dilakukan pengecatan akhir lapisi terlebih dahulu tembok menggunakan cat dasar. Gunakan produk alkali resisting primer untuk dinding baru dan produk alkali resisting sealer untuk tembok lama. Pada saat proses pengaplikasian cat akhir, jangan melakukan pengecatan awal dengan cat yang kental.

Beri lapisan cat dasar dengan tipis-tipis saja hal ini dimaksudkan agar cat juga menutupi pori pori tembok, setelah kering baru dilakukan pengecatan yang berulang sampai selesai. Dalam pengecatan buatlah alur kuas atau rol atas bawah, bukan samping kiri dan kanan.

Dengan begitu cat tembok eksterior akan tampil menarik dan tahan lama dengan teknik yang tepat.

Artikel Terkait