Tips Agar Lebih Mudah Dalam Menentukan Warna Ruangan

Tips Agar Lebih Mudah Dalam Menentukan Warna Ruangan

Menentukan warna yang akan diaplikasikan untuk mendesain interior rumah kadang menjadi hal yang gampang-gampang sulit. Butuh kecermatan agar warna yang diterapkan dapat selaras dan mampu menciptakan kesan yang ingin dimunculkan. 

 

Tips Agar Lebih Mudah Dalam Menentukan Warna Ruangan

 

Untuk mempermudah Anda ketika akan mendesain warna interior rumah, Anda perlu perhatikan beberapa hal penting berikut:

Ketika Anda menemukan skema ruangan, Anda harus menentukan titik awal (starting point) ruangan tersebut sebagai pedoman warna agar pemilihan warna menjadi lebih mudah. Titik awal ini bisa berasal dari tembok, lantai, pajangan, lukisan favorit, benda seni atau ruangan.

Pemilihan warna akan memberi kesan berbeda terhadap luas ruangan Anda.

Warna gelap pada tembok akan membuat kesan ruangan menjadi lebih kecil, sedangkan warna terang pada tembok akan membuat kesan ruangan terlihat lebih luas.

Warna gelap pada plafond akan membuat ruangan menjadi lebih rendah sedangkan warna putih pada plafond akan membuat ruangan menjadi lebih tinggi dan berudara.

Warna cerah pada plafond dipadu dengan warna gelap pada tembok akan membuat ruangan lebih tinggi dan sempit sedangkan warna cerah pada plafond dipadu dengan warna cerah pada tembok akan membuat ruangan lebih rendah tetapi lebar.

Warna terang pada sisi tembok dipadu dengan warna gelap diujung ruangan membuat lorong terkesan pendek, sedangkan warna gelap pada sisi tembok dipadu warna terang diujung ruangan membuat lorong terkesan lebih panjang.

Perpaduan warna kontras akan membuat ruangan lebih kecil, sedangkan warna senada akan membuat ruangan terkesan luas.

 

 

Cat Tembok Sanlex 6000

 

 
 
 

Artikel Terkait