CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tidak Sekedar Memilih

 

Sering kali kita mengalami keragu-raguan dalam memilih warna cat untuk rumah padahal memilih warna cat rumah bukanlah hal yang sulit. Kita bisa memanfaatkan keragaman warna cat yang ada tetapi banyak orang yang merasa bingung ketika akan menentukan warna cat apa yang akan digunakan untuk mengecat rumahnya.

Sebelum anda memilih cat untuk desain rumah anda sebaiknya anda tanyakan pada diri anda warna apa yang cocok dan pertimbangkan terlebih dahulu bagian rumah mana yang akan anda cat sehingga anda dapat menentukan jenis cat yang akan digunakan apakah cat eksterior atau cat interior. Dengan begitu, anda tidak akan mengalami kebingungan dan akhirnya menjatuhkan pilihan pada warna yang aman dan netral yaitu putih.

110407_art07_img02

Beberapa hal berikut yang sebaiknya anda perhatikan:

Ruang dengan ukuran yang sempit akan terlihat lebih luas dengan penggunaan cat berwarna terang dan muda pada dinding dan warna netral untuk furniture. Gunakan cat bertekstur bila tidak terdapat banyak pola untuk desain ruang. Untuk ruang yang panjang tetapi sempit sebaiknya disalah satu sisinya diberi warna terang dan gelap, sementara untuk sisi yang lainnya menggunakan warna pucat. Pada ruang yang berbentuk kotak tanpa jendela lebih cocok menggunakan aksen warna putih disalah satu sisinya dan warna ungu di sisi yang lain sehingga ruang terlihat lebih menarik. 

Untuk rumah di daerah tropis gunakan warna cat yang sejuk misalnya warna dinding bernuansa hiaju, biru, dan ungu yang dapat menciptakan suasana nyaman pada ruangan.

110407_art07_img03

Warna cat dinding untuk ruang-ruang yang tidak mendapat cahaya matahari secara langsung sebaiknya gunakan warna yang lebih hangat seperti warna kuning dan sebaliknya, untuk ruang yang banyak menerima matahari pilihlah cat dinding berwarna hijau atau biru atau warna-warna yang bernuansa sejuk.

Sementara untuk langit-langit atau plafond, gunakan cat berwarna putih sehingga ruang akan tampak lebih tinggi. Hindari pemilihan cat berwarna gelap untuk plafond karena akan memberi kesan pendek pada ruangan.

Dengan demikian anda tidak perlu bingung lagi untuk menentukan warna cat pada rumah anda.

 

Add comment


Security code
Refresh