CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Cat Tembok Pilihan Tepat Untuk Renovasi Rumah

Banyak orang merenovasi rumah dengan aplikasi cat tembok karena lebih praktis dan proses pengerjaannya tidak terlalu sulit. Bahkan sudah banyak yang tahu bagaimana cara mengecat tembok rumah.

cat

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses pengecatan untuk memperoleh hasil akhir yang maksimal. Mulai dari kualitas cat tembok yang digunakan, bagaimana teknik pengerjaannya, dan alat aplikasi yang digunakan.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cat tembok, jenis cat yang banyak digunakan untuk mengubah tampilan dan suasana sebuah hunian. Umumnya bahan dasar yang digunakan untuk menyusun cat tembok terdiri dari:

  • Bahan perekat (binder)
  • Bahan pewarna (pigmen)
  • Bahan pelarut (solvent/thinner)
  • Bahan pengisi (ekstender/filler)

Bahan penyusun cat tembok di atas cukup ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Jika Anda akan mengecat bagian tembok luar (eksterior) sebaiknya gunakan cat tembok dengan dasar 100% acrylic emulsion dan pilihlah merk cat tembok bermutu tinggi yang mengandung bahan dasar acrylic dengan daya lekat yang kuat pada permukaan tembok dan mampu mengikat partikel zat warna (pigmen) dengan sempurna, sehingga warna lebih awet dan tidak cepat pudar.

Cat yang memiliki kualitas yang baik juga mengandung bahan pengisi (ekstender), antara lain kaolin dan kapur dengan jumlah lebih sedikit dibandingkan dengan cat dengan kualitas yang kurang baik, sehingga efek pengapuran yang bersifat memudarkan warna dapat dicegah dan warna-warna cat tetap terlihat cerah walaupun telah bertahun-tahun. Tentu saja, cat dengan kualitas yang tinggi tentu akan lebih mahal harganya dibandingkan dengan cat dengan kualitas di bawahnya.

Namun, dengan daya sebar atau tutup yang cukup tinggi, aplikasi cat bermutu tinggi pasti lebih irit dibandingkan dengan cat yang bermutu rendah, karena dengan 2 atau 3 lapisan saja tembok sudah dapat tertutup dengan sempurna. Sementara jika cat yang dipergunakan memiliki kualitas yang kurang baik, dibutuhkan sedikitnya 4 sampai dengan 5 lapisan. Keuntungan lain dari pemakaian cat dengan kualitas yang baik adalah ketahanan lapisan cat terhadap cuaca, lumut, jamur serta sengatan matahari atau perubahan cuaca.

Untuk jenisnya, cat tembok terdiri dari Acrylic 100%  yaitu jenis cat tembok yang biasanya dibuat untuk cat kelas weather resistant dan juga cat interior premium, Acrylic Emulsion yaitu cat modifikasi dari acrylic 100%, biasanya memakai Veova atau Vynil Versatic (cmiiw). Bahan ini juga biasa dipakai cat interior kelas menengah keatas, tetapi masih di bawah premium, dan Vinyl Acrylic cat yang masih termasuk modifikasi acrylic tetapi lebih rendah dibandingkan diatas. dimana cat ini biasanya dibuat untuk kelas menengah.

Add comment


Security code
Refresh