CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Agar Hasil Pengecatan Sempurna

Mengecat adalah kegiatan yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk mendesain interior sebuah rumah. Aplikasi cat mampu memberikan pengaruh terhadap tampilan rumah secara keseluruhan. Namun tentunya Anda tidak ingin cat yang sudah dipoleskan pada dinding hasilnya tidak sesuai dengan keinginan Anda bukan?

mengecat interior rumah

Memperoleh hasil akhir pengecatan yang tidak sempurna mungkin membuat Anda kecewa, apalagi Anda sudah mengeluarkan biaya, waktu, dan tenaga. Lalu bagaimana caranya agar hasil pengecatan dapat memuaskan hati ? Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Alat aplikasi (kuas dan roller cat)

  • Sesuaikan jenis kuas dengan jenis cat yang Anda gunakan. Misalnya kuas sintetis dari nilon atau polyester bulu sangat cocok untuk cat lateks atau cat berbasis air, sedangkan kuas berbahan baku bulu sapi lebih cocok untuk cat berbasis minyak.
  • Untuk roller cat sebaiknya pilih yang berbahan plastik agar tahan lama. Roller cat bahan sintetis lebih cocok untuk cat berbasis air atau lateks, dan yang berbahan baku alami seperti bulu sapi lebih sesuai jika digunakan pada cat minyak.

Cat tembok, jenis cat yang bisa digunakan,diantaranya yaitu:

  • Flat, jenis cat yang tidak berkilau. Cocok untuk mengecat bagian plafond rumah.
  • Egg-shell/satin, jenis cat ini memiliki kemilau tetapi sangat tipis.
  • Semi gloss, cat yang memiliki kemilau yang bagus, sesuai digunakan untuk mengecat kamar tidur.
  • Gloss, memiliki tingkat kemilau yang tinggi sehingga jenis cat ini akan memperlihatkan cacat pada dinding yang tidak rata. Cocok diterapkan pada kamar mandi, dapur, atau di ruangan yang mudah kotor.

Cat primer/cat dasar, Untuk hasil terbaik pada dinding rumah Anda, usahakan selalu melapisi dengan cat primer terlebih dahulu. Pilihlah cat primer yang jenis bahan bakunya sesuai dengan jenis bahan baku cat tembok pilihan Anda, misalnya cat lateks dengan cat primernya berbahan lateks juga.

Teknik pengecatan

  • Tuangkan cat ke dalam ember atau wadah cat kemudian aduk hingga rata.
  • Usahakan mengecat dari arah atas ke bawah, gerak dari kanan ke kiri kemudian ulangi dari kiri ke kanan.
  • Ikuti petunjuk yang ada pada kemasan cat sebelum melanjutkan proses pengecatan berikutnya. Biasanya tertera aturan untuk menunggu hingga cat mulai mengering di dinding interior rumah Anda, sebelum Anda diperbolehkan melakukan pengecatan berikutnya.
  • Hindari rol cat yang terlalu basah oleh cat tembok karena akan menyebabkan tetesan pada dinding serta memperbesar kemungkinan timbulnya cat yang tidak merata.

Selamat mengecat rumah!

Add comment


Security code
Refresh