CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Cerdas Menghitung Biaya Pengecatan Rumah

Jika Anda akan mengecat sebaiknya Anda lakukan perencanaan terlebih dahulu. Misalnya, menghitung luas area yang akan dicat untuk menentukan jumlah cat yang akan dibeli, menghitung besarnya upah tenaga kerja, biaya tambahan lainnya untuk pengecatan.

perhitungan dalam mengecat

Merencanakan dan membuat anggaran sebelum pengecatan sangat penting untuk mengetahui berapa besar biaya yang akan dikeluarkan sehingga kita bisa meminimalisirnya. Selain itu juga bisa lebih berhemat dan proses pengecatan berlangsung sesuai dengan sempurna. 

Hitung luas area yang akan dicat

Jika Anda akan mengecat rumah sebaiknya Anda hitung terlebih dahulu luas area yang akan Anda cat.  Ini untuk menentukan banyaknya cat yang Anda butuhkan. Caranya yaitu:

  • Ukur panjang dan tinggi setiap bidang dinding yang akan dicat lalu hasilnya Anda kalikan dua sehingga bisa didapatkan hasil angka luas dalam persegi.

                                 Luas bidang dinding = (2 x panjang ruang x tinggi ruang ) + (2 x lebar ruang x tinggi ruang)

  • Jika dinding tersebut memiliki jendela atau pintu, gunakan rumus yang sama untuk menghitung luas pintu atau jendela, lalu kurangilah besarnya luas dinding dengan luas jendela atau pintu.
  • Pada kemasan kaleng cat , umumnya sudah dicantumkan bilangan kemampuan daya sebar, yakni berapa luasan maksimal yang akan Anda peroleh melalui satu kemasan tersebut.
  • Dengan mengetahui besaran luas maksimal dari sebuah kaleng cat, maka Anda akan dapat menghitung berapa banyak kaleng cat untuk melakukan pengecatan pada sebuah ruangan.

                                      Kebutuhan cat = Luas bidang dinding : Daya Sebar per kemasan

Biaya pengecatan

Biaya yang harus Anda hitung bukan hanya biaya pembelian cat tembok tetapi Anda juga harus menghitung biaya alat-alat aplikasi yang digunakan seperti kuas dan roller cat dan biaya untuk tukang cat.

  • Belilah kuas dan roller yang memiliki kualitas bagus karena dapat menyerap cat lebih sedikit  sehingga penggunaan cat dapat mendekati volume sesuai aturan yang ada pada kemasan cat.
  • Untuk mempermudah Anda ketika mengecat dengan warna yang berbeda sebaiknya Anda membeli 2 atau 3 roller dan kuas cat.
  • Biaya yang harus dikeluarkan untuk tukang cat sangat bervariasi (biasanya tiap daerah sangat berbeda).
  • Pastikan Anda mengetahui apakah tukang tersebut menghitungnya sehari kerja atau berdasar luasan dinding yang akan dikerjakan.
  • Anda juga bisa meminta kalkulasi biaya pengecatan dari tukang yang akan Anda sewa.

Dengan demikian, Anda dapat menghemat dan pengecatan berjalan dengan lancar.

Add comment


Security code
Refresh