CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Wujudkan Kesan Yang Diinginkan Dengan Warna Cat Yang Pas

Merenovasi rumah menjelang Idul Fitri sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tujuannya untuk membuat rumah tampil beda dengan suasana yang lebih ceria dan penuh kebahagiaan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga merayakan hari kemenangan.

warna cat

Langkah paling mudah yang biasanya dilakukan untuk mengubah suasana rumah adalah melalui pengecatan. Karena mengecat ulang adalah cara murah dan mudah untuk mendapatkan tampilan rumah yang indah dan menarik. Dengan memoleskan cat di permukaan dinding, maka dengan sekejap rumah tampak berbeda dan memiliki kesan tertentu.

Namun, sebelum Anda melakukan pengecatan, sebaiknya Anda perhatikan pilihan warna yang akan Anda gunakan, kenali makna warna yang akan Anda aplikasikan dan sesuaikan warna yang Anda pilih dengan suasana, fungsi, dan konsep ruangan. Sehingga kesan ruangan yang Anda harapkan bisa terwujud.

Oleh karena itu, berikut beberapa pilihan warna cat dan kesan yang dimunculkan yang bisa Anda gunakan untuk mewarnai rumah menjelang Idul Fitri:

merahMerah : Warna yang hangat dan maskulin. Warna ini mampu menarik perhatian dan dapat membangkitkan energi. Warna merah memberikan semangat. Selain itu warna ini terkesan sensual dan mewah. Tetapi, terlalu banyak warna merah bisa merangsang kemarahan.


pinkPink : Warna pink merupakan gradasi warna merah yang lebih muda. Pink merupakan warna yang hangat, emosional, tapi juga lembut dan menenangkan. Warna ini tak hanya melambangkan kasih sayang dan perasaan cinta tetapi juga memberi kesan berjiwa muda.


oranyeOranye : mempunyai karakter yang mirip dengan merah, tapi lebih feminin dan bersahabat. Warna yang melambangkan sosialisasi, penuh harapan dan percaya diri. Oranye atau orange juga dapat membangkitkan semangat dan dapat menimbulkan perasaan positif, senang, gembira, dan berenergi. Oranye dipercaya dapat mengurangi depresi atau perasaan tertekan.


kuningKuning : Seperti halnya matahari, kuning terkesan ceria dan bersinar. Warna ini dapat menciptakan suatu keterbukaan. Kuning perlambang semangat dan vitalitas, mendorong ekspresi diri dan memberi inspirasi. Warna ini cocok untuk ruang kerja atau ruang belajar. Hanya saja, penggunaan warna kuning yang kurang tepat akan menimbulkan kesan menakutkan.


coklatCokelat : Warna ini adalah warna yang natural, hangat dan membumi. Coklat menghadirkan kenyamanan, memberi kesan anggun dan elegan. Dengan kombinasi warna alam dan bumi, warna ini dapat menciptakan suasana kekeluargaan di dalam rumah. Dapat memberi keyakinan dan rasa aman, warna yang akrab dan menenangkan. Coklat juga dapat mendorong komitmen, namun juga bisa menjadi berat dan kaku bila terlalu banyak.


hijauHijau : Warna yang teduh dan cocok untuk istirahat. Warna ini biasa dikaitkan dengan alam yang menyegarkan, membangkitkan energi dan juga mampu memberi efek menenangkan. Nuansa hijau dapat meredakan stres, memberi rasa aman dan perlindungan. Apabila warna hijau muda dikombinasikan dengan kuning, maka akan tercipta warna yang hidup. Namun apabila dikombinasikan dengan biru, akan terkesan sepi dan terperangkap.


biruBiru : diasosiasikan dengan elemen air dan udara. Warna ini melambangkan keharmonisan dan memberi kesan lapang. Pemakaian warna biru dapat menimbulkan perasaan tenang dan dingin. Warna biru yang kuat, bisa merangsang kemampuan intuitif dan memudahkan meditasi.


unguUngu : Merupakan warna yang terkesan magis dan mistik. Ungu muda dan warna lavender terlihat lebih sensual, anggun, hangat dan berkonotasi feminin. Ungu yang gelap dapat memancarkan kekuatan, bisa menambah kekuatan intuisi, imajinasi, kreatif, sensitif, dan memberi inspirasi.


putihPutih : Suci, bersih dan bercahaya. Putih dapat menciptakan perasaan yang bersih. Melambangkan kemurnian dan ketentraman, kepolosan, kenyamanan, dan memudahkan refleksi. Apabila dikombinasikan dengan hitam atau abu-abu, akan tercipta suasana yang modern dan trendy, dan tetap menghasilkan kehangatan. Namun terlalu banyak warna putih, bisa menimbulkan perasaan dingin, steril, kaku, dan terisolir.


abu-abuAbu-abu : Ini merupakan warna netral yang dapat menciptakan kesan serius, namun juga menentramkan dan menimbulkan rasa damai. Kesan lain dari abu-abu antara lain, independen dan stabil, menciptakan keheningan dan kesan luas. Namun abu-abu juga terkesan dingin, kaku, dan tidak komunikatif. Kombinasikan abu-abu dengan coklat, maka dapat menciptakan kehangatan dan tetap berkesan.

Selamat merenovasi rumah!









 


 

Add comment


Security code
Refresh