CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

4 Point Yang Harus Diperhatikan Dalam Mengecat Dinding

Mengecat memang pekerjaan yang tidak terlalu sulit, apalagi Anda bisa melakukannya sendiri. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapat hasil yang bagus sehingga biaya pengecatan yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia.

cat

Berikut 5 point yang harus Anda perhatikan ketika akan mengecat dinding rumah yaitu:

  1. Pilihlah warna cat yang tepat

Anda bisa mengaplikasikan warna-warna sesuai dengan selera. Namun, harus diingat penerapan warna favorit tidak selamanya bisa memunculkan kesan yang diharapkan. Sebaiknya pilihlah warna yang cocok dengan fungsi dan konsep awal sebuah ruangan sehingga tercipta suasana yang nyaman dan dapat mendukung mood dari penghuninya.

  1. Jumlah Cat Yang Dibutuhkan

Setelah menentukan warna yang akan digunakan, kini saatnya Anda menghitung jumlah cat yang digunakan. caranya yaitu dengan menambahkan lebar dari semua dinding di ruangan dan kalikan jumlahnya dengan tinggi total satu dinding (dari lantai ke langit-langit). Ambil totalnya dan kurangi total luas semua jendela, pintu, lengkungan, dll. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan wilayah yang tepat dari dinding Anda harus cat. Sebagai aturan umum praktis adalah untuk permukaan datar selebar 400 meter persegi biasanya memerlukan satu galon.

  1. Finishing Yang Digunakan

Finishing yang bisa Anda lakukan diantaranya yaitu:

  • Flat: Menggunakan matte finishing (Dop), yang sempurna untuk menutupi dinding yang sedikit rusak karena tidak akan memantulkan cahaya. Gunakan di lokasi-lokasi yang ingin Anda tutupi.
  • Satin: Cukup populer untuk dinding karena kemampuannya memantulkan cahaya yang sangat sedikit dan cukup mudah dibersihkan.
  • Semi Gloss dan Glossy: Keduanya cukup mengkilap sehingga populer untuk trim. Mereka juga mudah  dibersihkan.
  1. Persiapan
  • Bersihkan  permukaan dinding terlebih dahulu dengan air dan sedikit sabun cuci piring. Untuk menghilangkan  kotoran, debu, minyak, dan lemak.
  • Lindungi lantai dan semua benda yang ada di dalam ruangan yang akan dicat dindingnya agar tidak terkena noda cat yang terciprat.
  • Isi jika ada bagian dinding yang retak dengan plester terlebih dahulu sebelum dicat. Bersihkan debu bekas proses pengamplasan dengan kain lembab.
  • Pastikan Anda memiliki kuas, rol dan baki cat yang diperlukan sebelum memulai pekerjaan mengecat.

Persiapan yang tepat merupakan salah satu tips mengecat yang paling penting sekaligus menjadi kunci untuk mendapatkan hasil yang baik. Setelah itu Anda bisa mulai mengecat dengan menyapukan cat dasar terlebih dahulu. Kemudian setelah kering Anda dapat aplikasikan cat tembok, untuk hasil yang maksimal Anda dapat mengaplikasikan hingga 2 lapis.

Selamat mengecat!

Add comment


Security code
Refresh