CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Memilih Warna Cat

Memilih cat bukanlah perkara mudah, terlebih jika harus dipadukan dengan warna lain atau furnitur, dan aksesoris. Tak hanya itu, selera pribadi dan pencahayaan juga memengaruhi bagus tidaknya kesan sebuah warna. Jangan khawatir, sekalipun tidak mudah, juga tidak serumit yang dibayangkan.

 

 

Pertama, cobalah perpaduan warna yang ingin digunakan. Tes warna di suatu ruang kecil atau hanya memastikannya di wadah tertentu. Sebelum itu, pastikan bahwa cat yang dipilih sesuai dengan tempat pemakaian, entah itu cat eksterior atau interior. Bila cat bagian luar rumah juga ingin diperbarui, pilih yang tahan terhadap perubahan cuaca atau weatherproof. Sementara untuk interior, cat yang tepat ialah yang mudah dalam perawatan dan tahan lama. Pastikan pula cat yang dipakai aman, mudah dibersihkan, dan memiliki lapisan antijamur untuk mengantisipasi adanya banjir.

Berikutnya, perhatikan penggunaan warna. Menggunakan banyak warna tentu dapat membuat ruangan terlihat menarik, tetapi usahakan agar tidak melebihi tiga warna. Mulailah dari warna yang paling terang atau paling tua lalu pilih warna lainnya dengan mempertimbangkan warna pertama. Jika ingin menggunakan dua warna terang, sebaiknya yang ketiga warna netral agar tidak membuat mata cepat lelah saat melihatnya.

Kehadiran furnitur juga merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan. Gunakan warna yang dapat terlihat menyatu dengan perabotan di rumah. Bila furnitur di rumah memiliki beragam warna, cobalah seimbangkan dengan warna netral di dinding. Begitu pun sebaliknya, terapkan warna terang jika furnitur yang ada terkesan netral atau datar.

Seperti yang telah disebutkan, cahaya juga salah satu faktor penting. Karena itu, pertimbangkan pencahayaan yang terdapat dalam ruangan saat akan memutuskan warna baru. Warna gelap cocok untuk ruangan dengan penerangan yang bagus, sementara warna-warna muda atau pucat cenderung memantulkan cahaya. Mengetes warna pada area terang dan minim cahaya di rumah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan warna yang sesuai.

Terakhir, jika bingung dengan kombinasi warna, roda warna atau color wheel bisa sangat membantu. Ada empat kombinasi yang dapat dijadikan pilihan, yaitu warna monokromatik, analog, komplementer, atau triadic. Jangan terlalu khawatir dengan hasilnya karena cat tidaklah permanen dan bisa diubah kapan pun diinginkan.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh