CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Beberapa Masalah Pengecatan dan Cara Mengatasinya

Cat yang telah diaplikasikan terkadang menimbulkan berbagai masalah yang muncul di kemudian hari. Penyebabnya tak hanya kualitas cat yang digunakan namun teknik pengerjaannya pun turut mempengaruhi hasil yang diperoleh.

Beberapa masalah pengecatan yang sering muncul diantaranya yaitu permukaan dinding yang dicat terlihat belang dan basah atau lapisan cat mengalami penyabunan. Untuk mencegah terjadinya masalah-masalah tersebut tentu kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Nah, artikel kali ini kami menyajikan mengenai cara mengatasi masalah pengecatan tersebut. Selamat membaca!!!

Permukaan Belang dan Terlihat Basah

Masalah seperti ini disebabkan karena kondisi dinding yang memiliki kelembaban dan kadar basa yang tinggi. Hal tersebut dapat terjadi pada dinding yang baru selesai proses pengerjaannya baik diplester atau diaci sehingga proses pengeringannya belum sempurna. Pengecatan pada dinding baru mengharuskan dinding telah benar-benar kering.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menggosok permukaan dinding dengan amplas agar lebih berpori-pori sehingga air akan lebih mudah menguap keluar. Untuk menghilangkan jamur yang muncul dapat dibersihkan dengan larutan 20% pemutih pakaian atau dengan larutan kaporit, kemudian bilas dengan air bersih. Setelah itu pastikan dinding betul-betul sudah kering sebelum mengaplikasikan cat.

Penyabunan (saponification)

Masalah seperti ini terjadi akibat serangan alkali pada lapisan cat yang bahan perekatnya mengandung minyak seperti alkyd gloss enamel. Alkali dan minyak akan bereaksi secara kimiawi yang disebut penyabunan dimana memberikan hasil akhir seperti sabun dan menyebabkan lapisan cat menjadi lunak dan terbentuk gumpalan yang lengket.

Langkah untuk pencegahannya adalah dengan cara permukaan yang akan dicat harus bebas alkali. Tidak dianjurkan tembok dari plasteran semen atau beton yang baru di cat dengan cat dasar alkyd, tetapi sebaiknya dengan cat acrylic dasar air atau jenis lain yang tidak mengandung minyak. Sedangkan untuk perbaikan sebaiknya kerok seluruh lapisan cat dan kemudian permukaan harus dibersihkan dengan sempurna. Pastikan Anda menggunakan jenis cat seperti cat acrylic dasar air.

Untuk hasil yang sempurna, sebaiknya lakukan teknik aplikasi cat yang tepat dan lakukan persiapan pengecatan dengan benar.

 

Add comment


Security code
Refresh