CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Dinding Lembab Dan Berjamur? Begini Cara Mengatasinya

Rumah adalah istana bagi para penghuninya, untuk itu kondisi rumah harus nyaman agar si penghuni merasa betah. Tapi bagaimana kalau di suatu ruangan rumah ada dinding yang lembab, berlumut, dan berjamur? Dinding berlumut & jamur terjadi karena kondisi ruangan yang memang tertutup dan sulit terjangkau cahaya matahari atau bisa jadi karena bersebelahan dengan area basah seperti kamar mandi.

 

Cara mengatasi dinding lembab dan berjamur

Cara mengatasi dinding lembab dan berjamur

 

Baca Juga: Atasi Lumut dan Jamur Pada Batu Alam Dengan ARCA Pembersih Lumut

 

Dinding rumah yang mengelupas dan berjamur dapat mengeluarkan bau yang menyengat dan akarnya dapat merusak dinding, dan juga tidak sehat untuk lingkungan dirumah karena spora di dalam jamur akan ikut terhirup.

Berikut langkah-langkah mengatasi dinding berlumut dan berjamur:

 

  1. Bersihkan permukaan

    Bersihkan permukaan dinding yang berlumut & berjamur, anda bisa mengikisnya dengan menggunakan kape lalu ratakan dengan amplas.

    Cara mengatasi dinding lembab dan berjamur

    Cara mengatasi dinding lembab dan berjamur

     

  2. Aplikasikan ARCA Pembersih Lumut

    Aplikasikan ARCA pembersih lumut dengan kuas atau spray pada bagian yang berjamur atau berlumut, biarkan selama 24 jam

     

  3. Bersihkan sampai ke akarnya

    Setelah itu anda dapat membersihkannya kembali dengan sikat kasar, agar lumut & jamur yang menempel dapat hilang sampai akarnya.

     

    Cara mengatasi dinding lembab dan berjamur

    Bersihkan lumut dan jamur sampai ke akarnya

     

     

  4. Aplikasikan Cat Dasar

    Setelah permukaan dinding bersih & kering, aplikasikan dengan SANPROOF Waterproofing Coating yang telah diencerkan dengan air sebanyak 20%. SANPROOF Waterproofing Coating adalah cat pelapis anti bocor yang elastik, anti retak dan anti jamur, dan tahan terhadap sinar matahari. Anda juga dapat menggunakan Alkali Resistant Primer Solvent Based Premio atau SANLEX.

     

  5. Aplikasikan Cat Tembok

    Setelah cat waterproofing atau Alkali Resistant kering, barulah dapat mengaplikasikan cat SANLEX Wonder atau SANLEX 6000 pada dindingnya agar dinding indah kembali.

     

Untuk pencegahan terjadinya dinding berjamur dan lembab terulang lagi, ini tips nya:

  1. Perbaiki saluran air dan talang saluran air dari genteng. Pastikan saluran talang tidak bocor, ganti atau perbaiki jika memang talang rusak.
  2. Pastikan agar kamar mandi, dapur, dan lokasi-lokasi lembab lain memiliki sirkulasi udara yang lancar dan selalu kering.
  3. Selalu keringkan handuk maupun tirai di kamar mandi
  4. Tangani kebocoran secepat mungkin, apalagi jika pipa saluran ini tertanam di dalam tembok.

 

Jamur atau lumut tidak selalu berwarna hijau. Jamur atau lumut juga dapat berwarna abu-abu gelap atau bahkan hitam. Jadi Anda harus cepat menanganinya agar lingkungan rumah Anda tidak tercemar. Cara yang bisa anda lakukan untuk memastikan jamur atau bukan yakni dengan menyemprotkan karbol. Jika warna gelap itu pudar dalam beberapa menit berarti itu jamur atau lumut, jika tidak maka warna gelap itu berasal dari noda pada dinding.

 

ARCA pembersih lumut

 

 

Add comment


Security code
Refresh