CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Lihat Yuk Beberapa Masalah Pengecatan

Mengecat adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk memberi kesan indah pada sebuah hunian. Namun tahukah Anda, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ternyata ada hal-hal yang harus Anda perhatikan agar tak timbul berbagai masalah dikemudian hari.

Ya, pengecatan yang dilakukan tanpa mengikuti aturan yang ada dapat memunculkan kerusakan-kerusakan pada lapisan cat yang telah diaplikasikan. Beberapa penyebabnya adalah persiapan permukaan yang tidak baik, teknik aplikasi yang tidak tepat, pemilihan sistem cat yang tak sesuai dengan peruntukannya, dan salah pencampuran atau pengenceran.

Berikut adalah beberapa kerusakan-kerusakan lapisan cat yang umumnya terjadi, diantaranya yaitu:

Bitty Finish

Hasil aplikasi cat pada permukaan terlihat jelek dan kasar. Penyebabnya yaitu adanya pengotoran oleh kerikil atau pasir melalui udara atau pada permukaan dimana cat tersebut diaplikasikan. Untuk mencegah terjadinya bitty finish, sebaiknya pastikan permukaan yang akan dilapisi cat telah benar-benar siap dan dalam keadaan bersih.

 

Bubbles

Yaitu munculnya gelembung-gelembung dengan ukuran kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata. Penyebabnya adalah cat terlalu kental, terutama aplikasi yang menggunakan semprotan, permukaan yang terlalu porous, udara keluar saat cat sudah tidak flow lagi, dan permukaan yang akan dicat dalam keadaan panas. Untuk mencegah kerusakan tersebut, sebaiknya perhatikan tingkat kekentalan cat dan gunakan alat aplikasi yang sesuai.

 

Misses / Ships / Holidays

Yaitu kerusakan yang berupa lapisan cat tidak dapat menutupi permukaan dengan sempurna. Penyebabnya adalah teknik aplikasi yang tidak tepat. Untuk mencegahnya, Anda harus perhatikan taknik aplikasi yang benar sehingga diperoleh hasil akhir yang sesuai keinginan.

 

Pastikan Anda mengikuti aturan pengecatan yang benar sehingga masalah dalam pengecatan dapat Anda hindari.

 

Add comment


Security code
Refresh