CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Masalah-Masalah Dalam Cat Tembok

Cat yang telah diaplikasikan pada dinding terkadang mengalami berbagai masalah dikemudian hari. Penyebabnya diantaranya yaitu teknik aplikasi yang kurng tepat, cat yang digunakan kualitasnya tidak bagus, atau persiapan permukaan yang kurang maksimal.

Masalah-masalah pengecatan yang sering dan umum terjadi diantaranya yaitu:

Chalking (pengapuran), lapisan film cat rusak karena pengaruh serangan garam-garaman alkali (umumnya terjadi pada pengecatan tembok baru) atau pengaruh sinar matahari (terjadi pada tembok luar ruangan). Pengenceran cat yang terlalu encer sehingga film cat tidak dapat terbentuk dengan sempurna.

Water Spot (bercak-bercak seperti basah), penggunaan plamir yang belum kering sempurna dan kemudian diberi lapisan cat, maka sisa-sisa air dari plamir tersebut terjebak diantara dua lapisan plamir dan cat sehingga menyebabkan timbulnya bercak seperti basah.

Saponification (penyabunan), Serangan alkali pada lapisan cat yang berbahan perekat mengandung minyak seperti alkyd gloss. Alkali dan minyak akan bereaksi secara kimiawi yang disebut penyabunan dimana memberi hasil akhir seperti sabun dan menyebabkan lapisan cat menjadi lunak dan terbentuk gumpalan yang lengket.

Drying Trouble (sukar mengering), pengecatan yang dilakukan dalam cuaca yang kurang baik seperti suhu rendah, berkabut dan lembab, pengecatan yang dilakukan diatas permukaan yang mengandung lilin seperti bahan untuk poles, minyak atau debu, pengecatan dengan jenis cat alkyd enamel pada permukaan kayu yang pernah diberi lapisan politur dari bahan shellac, penggunaan pengencer yang tidak sesuai dengan jenis cat yang dipakai.

Stainning (bercak-bercak seperti pulau), pemakaian cat tembok yang berasal dari kayu, terjadi karena kayu atau media itu masih mengandung getah yang belum tuntas keluar pada persiapan bahan. Getah yang keluar terjebak dibawah lapisan cat dan membentuk bercak seperti pulau-pulau.

Untuk menghindari masalah-masalah pengecatan di atas, pastikan Anda melakukan teknik aplikasi yang tepat.

Add comment


Security code
Refresh