CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Huuffttt … Lapisan Cat Mengalami Pengkristalan

Penggunaan cat yang berkualitas dan teknik aplikasi yang tepat bisa mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan pada lapisan cat yang telah diaplikasikan. Sehingga Anda perlu memperhatikan langkah-langkah pengerjaan yang sesuai dengan aturan yang ada pada kemasan cat.

Jika kualitas cat, teknik aplikasi serta persiapan permukaan yang akan dicat sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang diberikan, maka Anda akan terhindar dari masalah-masalah pengecatan. salah satu contoh kerusakan lapisan cat yang umum terjadi yaitu efflorescene / pengkristalan. Efflorescence terjadi pada permukaan dari plesteran semen, dimana garam-garam bersifat alkali terbawa ke permukaan. Bila kristal-kristal garam tersebut berada dibawah lapisan cat dan dibantu kelembaban tembok akan merusak lapisan cat tersebut.

Untuk mencegah agar masalah ini tak terjadi sebaiknya pengecatan dilakukan setelah tembok dari plesteran atau beton telah kering sempurna, dimana kadar alkali dan air telah memenuhi syarat yang ditentukan. Gunakan lapisan cat dasar yang tahan alkali dan tidak dianjurkan menggunakan dempul tembok. Permukaan yang mengandung kristal-kristal garam harus dibersihkan terlebih dahulu dengan kain basah dan kering sampai tidak keluar lagi.

Namun, jika masalah tersebut sudah terjadi, Anda bisa lakukan perbaikan dengan cara;

  • Jika pengkristalan belum merusak lapisan cat, maka bersihkan garam-garam tersebut dengan kain basah dan kering.
  • Amplas permukaan cat agar lebih porous, sehingga air dan garam-garam mudah keluar.
  • Setelah pengkristalan tidak terjadi lagi, lakukan pengecatan ulang.
  • Bila lapisan catnya telah dirusak oleh alkali, maka harus dikerok habis sampai kedasar permukaan.
  • Bersihkan permukaan sampai efflorescene tidak terjadi lagi. Kemudian, lakukan pengecatan dari awal lagi.

Pastikan Anda selalu melakukan teknik aplikasi yang tepat untuk menghindari kerusakan-kerusakan lapisan cat dikemudian hari.

 

Add comment


Security code
Refresh