CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Masalah Cat Pada Tembok Eksterior

Tembok luar merupakan bagian rumah yang rentan mengalami kerusakan. Karena tembok eksterior terpapar langsung oleh perubahan cuaca seperti panas dan hujan. Sehingga, diperlukan perlindungan khusus yang dapat membuat tembok eksterior tahan lama.

Untuk memberi perlindungan tembok terhadap perubahan cuaca, Anda bisa lapiskan cat yang sesuai yaitu jenis cat eksterior. Selain itu, untuk memperolah hasil yang maksimal, teknik aplikasi juga perlu diperhatikan. Karena, tidak maksimalnya tidak maksimalnya hasil pengecatan eksterior dapat memunculkan berbagai masalah. Agar terhindar dari kegagalan pengecatan, ada baiknya Andamengenali beberapa masalah yang sering timbul pada cat eksterior, seperti di bawah ini:

alt

  • Warna cat memudar,  pudarnya warna cat dapat disebabkan pigmen warna yang terkandung di dalam cat tidak kuat terhadap sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari. Jika pudarnya cat disebabkan oleh hal ini, perubahan warna akan terjadi diseluruh permukaan tembok. Biasanya warna-warna cerah dari pigmen organik seperti biru muda, hijau muda, merah muda, dan ungu kurang tahan dibandingkan dengan warna-warna dengan pigmen nonorganik, seperti merah dan coklat tua. Namun warna muda tadi bisa diakali dengan menggunakan sealer.
  • Berjamur dan berlumut, cat eksterior yang berjamurdisebabkan oleh tembok yang lembab akibat bocor atau proses pengacian yang belum benar-benar kering. Tembok yang lembab bisa juga disebabkan oleh tanaman atau pot yang diletakkan menempel pada tembok.Bila pada permukaan cat muncul jamur dan lumut maka cat tersebut harus dikerok dan diampelas. Setelah itu tembok diberi lapisan fungsida wash (Cairan anti jamur) untuk mematikan jamur dan lumut. Biarkan hingga kering lalu bersihkan dengan air supaya kandungan kimia yang bersifat asam bisa hilangdan tidak merusak cat.
  • Cat terkelupas, cat mengelupas karena tidak bisa melekat dengan baik ke permukaan tembok. Rendahnya daya lekat dikarenakan kondisi tembok lembab, berminyak, dan masih ada debu yang menempel sehingga cat tidak dapat melekat dengan sempurna.Terkelupasnya cat bisa juga pengecatan dilakukan di atas permukaan lama yang sudah mengapur atau bisa juga karena penggunaan plamur (dempul) tembok. Dempul dibuat dengan bahan dasar kapur dan sedikit perekat, sehingga sifatnya keras, getas dan daya rekatnya rendah sehingga bisa mengakibatkan lapisan cat eksterior terkelupas, terjadi warna belang atau tampilan yang kurang baik.Kualitas cat juga berpengaruh terhadap daya rekat. Perekatan yang baik untuk cat eksterior adalah lateks. Saat ini, lateks terbuat dari bahan sintetis yaitu akrilik. Biasanya pada kaleng kemasan cat eksterior yang baik tertulis 100% Acrylic.

Selamat melindungi tembok eksterior untuk menghindari masalah-masalah di atas!!!

Add comment


Security code
Refresh