CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Cat Dinding Memudar

Permasalah cat yang terjadi pada dinding bagian luar rumah biasanya adalah cat yang memudar. Hal ini dipengaruhi oleh daya tahan cat yang setelah aplikasi, mengapa? Karena cat yang digunakan memilki kualitas yang rendah.

cat memudar

Kualitas cat sangat menentukan hasil aplikasi dari suatu proses pengecatan, jika tidak warna cat akan cepat memudar oleh terpaan sinar matahari. Warna cat yang telah diaplikasi memudar biasanya terlihat belang. Selain faktor kualitas,  berikut beberapa penyebab lain warna cat memudar yaitu:

1.     Pigmen warna cat terserang alkali semen (biasanya pengecatan dilakukan pada saat tingkat kelembaban permukaan masih cukup tinggi).

2.     Cat yang dipakai pigmen warnanya tidak kuat terhadap cuaca, terutama sinar ultraviolet.

3.     Cat interior diaplikasikan pada bidang exterior.

Cat yang memudar dapat diatasi dengan melakukan pengecatan ulang menggunakan cat bekualitas bagus. Gunakan cat khusus eksterior, lakukan pengaplikasian dengan tepat.Cat eksterior yang banyak dijual di pasaran adalah jenis weatherproof, weathersield, weathercoat, dan easyshield yang dilengkapi bahan kimia untuk melindungi keindahan warna agar tahan lama.Berikut penyelesaian cat dinding memudar:

1.     Test kadar kelembaban pada permukaan menggunakan protimeter.

2.     Lakukan pengamplasan agar permukaan menjadi porous sehingga uap air dapat keluar.

3.     Bila kondisi cat lama masih memiliki daya lekat yang baik, cukup lakukan pengamplasan, lalu bersihkan sisa debu & kotoran.

4.     Aplikasikan 1 lapis prime coat/cat dasar secara merata.

5.     Aplikasikan cat yang sesuai area peruntukannya (cat tahan cuaca untuk area eksterior)

Jika Anda akan mengecat dinding eksterior maupun interior pastikan menggunakan cat dengan kualitas bagus. Begitu juga pada tahap pengaplikasiannya lakukanlah dengan benar sehingga tidak akan muncul masalah diwaktu yang akan datang.

Add comment


Security code
Refresh