CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Cat Tembok Mengalami Blistering dan Flaking

Pengecatan sering dianggap sebagai hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak yang menganggap cara mengecat sama pada setiap permukaan atau tembok, padahal kondisi tembok berbeda-berbeda. kesalahan cara aplikasi akan menyebabkan terjadinya kerusakan cat.

tembok

Kerusakan cat yang diakibatkan kesalahan pada saat proses pengecatan diantaranya blistering dan flaking. Apa yang dimaksud dengan blistering dan flaking? Berikut bahasannya:

Blistering, yaitu cat mengalami gelembung-gelembung dengan ukuran yang berbeda-beda.

penyebabnya:

Penggunaan cat dengan mutu yang tinggi mempunyai lapisan yang rapat dan plastis, sehingga air atau solvent yang tertahan dibawahnya dapat mengakibatkan menggelembungnya lapisan cat tersebut. Pengecatan pada permukaan yang masih basah akan mengakibatkan berkurangnya daya lekat lapisan cat, sehingga kemungkinan gelembung-gelembung akan lebih besar. Solvent dapat bertahan dibawah lapisan cat bila pengecatan di lakukan sekaligus tebal dan langsung terkena sinar metahari. Lapisan cat paling atas akan mengering lebih cepat, sedangkan lapisan bawahnya masih mengandung banyak solvent yang akan menguap. Uap solvent tersebut akan terjebak di bawah lapisan yang telah kering dan mendesak lapisan tersebut sehingga menjadi gelembung.

Cara perbaikan:

Bagian cat yang menggelembung dikerok, permukaan dibersihkan, selanjutnya beri lapisan cat dasar (bila perlu), dilapisi cat dasar kemudian beri lapisan cat akhir.

Flaking, yaitu cat mengalami pengelupasan.

Penyebabnya:

  • Permukaan yang akan dicat kotor dan berminyak.
  • Menggunakan dempul kualitas rendah, sehingga daya lekatnya bila diberi lapisan akhir membuat lapisan dempul akan terangkat.
  • Cat dasar yang digunakan tidak cocok dengan cat lapisan akhir.

Cara perbaikan:

Cat yang mengelupas tersebut dikerok terlebih dahulu Lapisan cat yang terkelupas harus dikerok sampai hingga ke permukaan dasar. Kemudian bersihkan dan selanjutnya beri lapisan cat dasar, terakhir aplikasikan cat akhir.

Add comment


Security code
Refresh