CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Cat Water Based Rentan Mikroorganisme

Cat jenis water based atau cat yang pelarutnya berbahan dasar air lebih rentan untuk terkontaminasi bakteri. Bakteri atau mikroorganisme bisa tumbuh pada larutan cat air baik sebelum mapun sesudah aplikasi. Mikroorganisme dapat dicegah dengan menggunakan biosida.

microorganisme

Biosida adalah yang paling umum digunakan oleh produsen cat untuk mencegah timbulnya bakteri dan mikroorganisme pada cat. Biosida dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. In-can biocidse, digunakan untuk mencegah kerusakan akibat mikroorganisme selama penyimpanan yaitu mencegah kerusakan cat tembok pada saat storage/penyimpanan. Disini digunakan in-can biocidse yang dapat mencegah kerusakan cat water based, sehingga tidak menjadi busuk dan berubah warna. Jenis yang paling umum digunakan adalah tipe CMIT/MIT 1.5% yang diproduksi dalam jumlah besar oleh banyak pabrikan baik di dalam maupun dari luar negri. Untuk tipe yang lebih advance bisa menggunakan BIT yang diketahui lebih aman dibanding CMIT/MIT chemistry. Selain lebih aman, BIT juga memiliki keunggulan rentang pH operasi yang luas dan juga tahan terhadap pemanasan. CMIT/MIT hanya bekerja di rentang pH basa, sehingga efektifitasnya bisa berubah pada saat yang berbeda. Selain itu CMIT/MIT memiliki 15ppm Skin Sensitizer ruling, yang artinya jika penggunaannya lebih dari 15 ppm dalam formulasi, maka harus dilabel skin-sensitizer (bisa menyebabkan kulit sensitif).
  2. Paint film biocidse, digunakan untuk mencegah pertumbuhan mikrooganisme pada lapisan cat setelah diaplikasikan.

Sedangkan mikroorganisme yang menyebabkan kerusakan pada cat yaitu:

  • Bakteri
  • Jamur
  • Alga

Untuk dapat terus tumbuh, selain membutuhkan sinar matahari mikroorganisme tersebut juga memerlukan air dan nutrisi.

Kerusakan cat akibat terkontaminasi jamur:

Jamur dapat membentuk spora di dalam cat yang bila terhisap oleh orang dapat menyebabkan gangguan yang serius saat aplikasi bagi orang yang memiliki alergi saluran pernapasan. Mikroorganisme tidak dapat dilihat dengan kasat mata sehingga pencegahan adalah cara terbaik yang harus dilakukan agar kerusakan pada cat dapat dihindari. Kebersihan pabrik yang memproduksi cat juga perlu untuk diperhatikan agar kontaminasi pada cat oleh mikroorganisme tidak terjadi.

Add comment


Security code
Refresh