CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Beberapa Kerusakan Cat Dinding Eksterior

Cat yang diaplikasikan pada dinding sebuah rumah lama kelamaan akan mengalami kerusakan yang terjadi secara alami. Terutama cat bagian eksterior yang biasanya disebabkan oleh pengaruh cuaca, oleh karena itu Anda harus melakukan perawatan dan perbaikan pada cat rumah.

kerusakan cat

Kerusakan cat dinding eksterior diantaranya adalah:

Discolororation (cat pada dinding mengalami perubahan warna)

Bahan perekat dari lapisan cat yang dirusak oleh garam-garam atau bahan kimia lain yang berasal dari dalam permukaan atau dari udara. Demikian pula pigment (pewarna) dapat diserang oleh bahan-bahan kimia atau sinar matahari.

Perbaikan, bila penyebab perubahan warna telah diketahui, maka dapat dilakukan pengecatan ulang dengan jenis cat yang sesuai.

Blistering (cat melepuh/menggelembung)

Disebabkan oleh pengotoran pada lapisan cat oleh lemak dan dapat juga terjadi akibat cat dasar yang belum kering, sudah dilapisi cat pada lapisan berikutnya, sehingga air yang berada pada lapisan dasar berusaha untuk keluar dan mengakibatkan cat dinding melepuh.

Perbaikan, jika terlalu banyak bagian yang terjadi blisterin, maka lapisan cat harus dikerok seluruhnya. Bersihkan permukaan, kemudian berilah lapisan cat dasar jika diperlukan sebelum dilapisi cat akhir. Bila blistering yang terjadi sedikit, maka perbaikan hanya pada bagian yang melepuh saja.

Chalking (pengapuran)

Rusaknya binder karena cuaca yang terus menerus, penggunaan solvent yang salah sehingga cat terlalu cepat kering. Lapisan film cat rusak karena pengaruh serangan garam-garaman alkali (umumnya terjadi pada pengecatan tembok baru) atau pengaruh sinar matahari (terjadi pada tembok luar ruangan). Pengenceran cat yang terlalu encer sehingga film cat tidak dapat terbentuk dengan sempurna.

Perbaikan, jika pengapuran hanya terdapat pada tempat-tempat tertentu (karena pengaruh serangan garam alkali) amplas bagian itu saja kemudian bersihkan dan beri lapisan cat kembali. Jika pengapuran terdapat pada seluruh permukaan tembok rontokkan semua cat, bersihkan dan jika tembok belum kering benar tunggu beberapa saat sampai tembok kering dan ulangi pengecatan dari awal. Untuk tembok luar ruangan pakailan cat yang dianjurkan.

Untuk mengecat bagian eksterior rumah sebaiknya gunakan cat khusus eksterior yang lebih tahan cuaca. Kemudian gunakanlah roll untuk hasil yang lebih rata dan lakukan teknik pengecatan yang benar untuk mencegah kerusakan cat pada dinding eksterior..

Add comment


Security code
Refresh