CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kenali Penyebabnya dan Temukan Solusi Yang Tepat

Beberapa masalah yang biasa terjadi pada cat dinding baik interior maupun eksterior antara lain kusam, berjamur, berkapur dan bergelembung yang membuat penampilan rumah menjadi terlihat usang. Jika itu terjadi pada dinding rumah Anda, kenali penyebabnya dan temukan solusi yang tepat.

solusi mengecat

Penyebabnya:

Secara umum masalah cat berkaitan dengan cahaya, air dan kelembaban. Ada juga yang berkaitan dengan elemen cat itu sendiri (biasanya terjadi pada proses pengecatan ulang). Misalnya untuk cat yang berjamur hal ini disebabkan oleh tumbuhnya jamur akibat kelembaban dinding yang dicat.

Contoh lain, cat yang menggelembung bisa diakibatkan karena adanya kadar air berlebih dalam dinding atau dalam cat itu sendiri, hal lain yang bisa menyebabkannya adalah cat baru tidak satu elemen dengan cat dinding yang lama (apabila pekerjaannya merupakan pengecatan ulang). Pemilihan merek cat tertentu (biasanya pada cat yang murah) juga sering menyebabkan cat tidak menempel sehingga cat gampang rontok atau menimbulkan butiran seperti kapur.

Solusinya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui asal dan penyebab masalah pengecatannya.
  • Apabila masalahnya disebabkan karena jamur/kelembaban dinding maka cat harus dirontokkan dahulu. Bila kadar kelembabannya terlalu tinggi ada baiknya dinding dibobok sedikit dan gunakan aplikasi waterproofing untuk menahan kadar air, baru setelah itu diplester dan diaci kembali.
  • Untuk cat menggelembung bisa diatasi dengan merontokkan lapisan cat lama yang menggelembung, lakukan pengamplasan. Apabila diperlukan beri lapisan cat dasar terlebih dahulu baru setelah itu lakukan pengecatan saat cat dasar benar-benar kering.
  • Untuk cat dinding kusam hal yang perlu diperhatikan adalah apakah jenis cat sesuai dengan peruntukannya. Misalnya untuk interior gunakan cat khusus interior, sedangkan untuk eksterior gunakan cat khusus eksterior. Karena bahan penyusun kedua cat ini berbeda, cat untuk eksterior lebih tahan terhadap cuaca dibandingkan dengan cat interior.

Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam proses pengecatan adalah kondisi permukaan dinding yang akan dicat. Sebaiknya bersihkan dinding terlebih dahulu dari berbagai kotoran.  Dan berikan dempul jika ada permukaan dinding yang retak atau berlubang.

Add comment


Security code
Refresh