CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kenapa Ya Lapisan Cat Terdapat Garis-Garis Bekas Kuas?

Kecewa rasanya jika hasil pengecatan tidak seperti apa yang diinginkan. Padahal Anda sudah meluangkan waktu dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dengan harapan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi kenapa ya lapisan cat terdapat garis-garis bekas kuas?

garis-garis bekas kuas

Kasus kerusakan cat seperti terdapat garis-garis bekas kuas memang sering terjadi dan membuat jengkel yang akhirnya kita menyalahkan kualitas cat yang kita beli tanpa mencari tahu apa sih penyebabnya? Nah, jangan buru-buru menarik kesimpulan bahwa kesalahan ada pada cat tembok yang Anda gunakan karena bisa saja kerusakan tersebut dikarenakan teknik aplikasi yang Anda lakukan tidak tepat.

Nah, berikut kita akan mencari tahu apa sebenarnya yang menyebabkan permasalahan tersebut muncul. Brushmarks (garis-garis bekas kuas) ini disebabkan oleh cat tidak mengalir rata saat dilapiskan, bisa dikarenakan teknik pengecatan yang tidak benar seperti pelapisan cat yang kurang teliti sehingga menjadikan ketebalan yang tidak merata, pengenceran yang kurang atau kuas dijalankan pada saat lapisan cat mulai mengering dan Menggunakan kuas yang kotor atau bulu-bulu kuas telah menggumpal. Bagaimana untuk pencegahannya?

  • Lakukan pengenceran yang benar dan gunakan pengencer yang sesuai
  • Lapiskan cat dengan cepat tetapi merata. Jangan melapis ulang pada lapisan cat yang mulai mengering
  • Pakai kuas bermutu baik dan bersih

Lalu jika brushmarks sudah terlanjur terjadi maka Anda harus melakukan perbaikan dengan cara sebagai berikut: 

  • Setelah cat kering sempurna gosoklah lapisan cat dengan amplas.
  • kemudian bersihkan dan lakukan pengecatan ulang.

Pastikan Anda melakukan proses pengecatan dengan teknik yang tepat agar tidak kecewa di kemudian hari.

Add comment


Security code
Refresh