CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Mengatasi Masalah Lapisan Cat Bercak-Bercak

Bercak-bercak pada lapisan cat dinding meyerupai air dan akan nampak jelas atau banyak ketika lembab serta hujan. Namun, hujan dan lembabnya dinding bukanlah penyebab utama. Penyebabnya hampir sama dengan blistering/cat dinding mengelembung.

 

 

Tetapi lapisan cat tetap melekat dengan baik, sehingga air atau solvent yang berada di bawah lapisan catnya memberikan kesan basah pada permukaan cat. Hal lain dapat disebabkan karena penggunaan dempul yang mengandung bahan pelunak (plasticizer) dimana lapisannya tidak sampai kering sempurna, sehingga bahan pelunak yang tertinggal akan naik ke atas dan tertahan di bawah lapisan cat dan menyebabkan lapisan cat seakan-akan basah.

Untuk mencegah terjadinya bercak-bercak pada lapisan cat dinding sebaiknya jangan menggunakan dempul untuk meratakan permukaan dinding. Sedangkan bila masalah tersebut sudah terjadi, Anda bisa melakukan langkah perbaikan dengan cara amplas permukaan lapisan cat agar lebih porous, sehingga air, solvent atau bahan pelunak yang digunakan mudah menguap keluar.

Bila jamur telah tumbuh pada bagian-bagian yang basah tersebut, segera cuci dengan larutan kaporit, kemudian dilap dengan kain basah untuk menghilangkan sisa-sisa kaporit. Biarkan mengering sempurna sebelum dilakukan pengecatan ulang. Bila diperlukan beri 1 lapis cat primer sebelum diberi lapisan cat akhir.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh