CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Masalah Saponification Pada Cat

Salah satu masalah pengecatan yaitu lapisan cat mengalami saponificationatau penyabunan. Masalah seperti ini terjadi akibat serangan alkali pada lapisan cat yang bahan perekatnya mengandung minyak seperti alkyd gloss enamel. 

 

 

Alkali dan minyak akan bereaksi secara kimiawi yang disebut penyabunan dimana memberikan hasil akhir seperti sabun dan menyebabkan lapisan cat menjadi lunak dan terbentuk gumpalan yang lengket. Langkah untuk pencegahannya adalah dengan cara permukaan yang akan dicat harus bebas alkali.

Tidak dianjurkan tembok dari plasteran semen atau beton yang baru di cat dengan cat dasar alkyd, tetapi sebaiknya dengan cat acrylic dasar air atau jenis lain yang tidak mengandung minyak. Sedangkan untuk perbaikan sebaiknya kerok seluruh lapisan cat dan kemudian permukaan harus dibersihkan dengan sempurna. Pastikan Anda menggunakan jenis cat seperti cat acrylic dasar air.

Untuk hasil yang sempurna, sebaiknya lakukan teknik aplikasi cat yang tepat dan lakukan persiapan pengecatan dengan benar.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh