CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Huhh, Cat Eksterior Mengalami Masalah!!!

Dinding eksterior merupakan bagian dinding luar rumah yang paling banyak terkena panas sinar matahari dan hujan. Untuk melindunginya, maka dinding tersebut harus diberi lapisan cat tembok khusus eksterior  yang tahan terhadap cuaca.

cat eksterior mengalami masalah

Namun, meskipun sudah menggunakan cat eksterior, biasanya masih saja banyak mengalami masalah misalnya lapisan cat berjamur, warna cat pudar, lapisan cat mengelupas, dan lapisan menggelembung. Bila Anda mengalami hal tersebut, ada baiknya Anda cari tahu apa sih penyebabnya dan cara  mengatasinya.

Berikut ini kami sajikan beberapa masalah cat eksterior yang sering terjadi dan cara memperbaikinya:   

Cat Berjamur

Cat eksterior yang berjamur disebabkan oleh dinding yang lembab akibat kebocoran atau proses pengacian yang belum benar-benar kering. Bila pada permukaan cat muncul jamur atau lumut, maka cara pencegaahnnya adalah lapisan cat harus dikerok dan diamplas terlebih dahulu. Setelah itu dinding diberi lapisan fungsida wash (cairan anti jamur) untuk mematikan jamur dan lumut. Biarkan hingga kering, lalu bersihkan dengan air supaya kandungan kimia yang bersifat asam bisa hilang dan tidak merusak cat.

Warna Cat Pudar

Penyebabnya adalah garam alkali yang timbul karena kondisi permukaan dinding yang terlalu lembab. Biasanya timbul bercak-bercak dan terjadi perubahan warna pada beberapa bagian dinding. Pudarnya warna cat juga dapat disebabkan karena pigmen warna yang terkandung di dalam cat, tidak kuat terhadap sinar ultra violet (UV) yang dipancarkan oleh sinar matahari. Jika hal ini terjadi pada dinding eksterior rumah Anda, Anda bisa melakukan pengecatan ulang dengan mengamplas lapisan cat terlebih dahulu dan bersihkan permukaan yang diamplas tadi, kemudian Anda bisa mengaplikasikan lapisan cat baru. Jangan lupa, untuk mencegah pudarnya warna cat, sebaiknya gunakan sealer sebagai lapisan cat dasarsebelum Anda menyapukan cat tembok.

Cat Terkelupas

Cat mengelupas biasanya disebabkan rendahnya daya rekat lapisan cat tersebut dikarenakan kondisi dinding lembab, berminyak, dan masih ada debu yang menempel, sehingga cat tidak dapat melekat dengan sempurna. Cat mengelupas juga bisa karena dinding lama sudah mengapur atau karena pemakaian dempul yang mengandung banyak kapur dan daya rekatnya rendah. Kualitas cat juga berpengaruh terhadap daya rekat. Perekatan yang baik untuk cat eksterior adalah lateks. Saat ini, lateks terbuat dari bahan sintetis yaitu akrilik.

Cat Menggelembung

Biasanya terjadi pada permukaan dinding yang lembab atau pada pelapisan ulang dengan merek cat yang berbeda dengan cat yang digunakan sebelumnya. Perbaikannya dapat dilakukan dengan membiarkan dinding tersebut sampai benar-benar kering. Diharapkan gelembung tersebut ikut kempis seiring dengan keringnya lapisan cat. Jika tetap menggelembung, kerok lapisan cat tersebut, bersihkan, dan lakukan pengecatan ulang.

Pastikan Anda selalu menggunakan cat khusus eksterior setiap Anda akan mengecat dinding bagian luar rumah.

Add comment


Security code
Refresh