CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Pigment Extender Filler Pada Pembuatan Cat

Pigment yang merupakan salah satu komponen/bahan dasar pembuatan cat dapat digolongkan sebagai extender karena berasal dari bahan baku tepung atau partikel padat. Namun, pigment mampu memberikan warna yang dominan pada cat.

Pigment dalam kategori extender filler yang umumnya banyak dipakai di antaranya adalah Calcium Carbonat dan Kaolin.

Calcium Carbonate

Extender jenis ini biasanya banyak digunakan dalam penerapan cat tembok yang memiliki kualitas menengah ke bawah. Alasannya, Calcium Carbonate memiliki warna putih dan harganya lebih murah.

Dengan memakai Calcium Carbonate, formulator / produsen cat dapat memasukkan banyak extender ke dalam formulasi cat temboknya, sehingga mampu mengurangi biaya.

Namun, Calcium Carbonat memiliki kekurangan yaitu sifat transparansinya yang kurang baik dibandingkan dengan extender lainnya , sehingga membutuhkan bahan additive lain untuk mampu membantu memberikan hiding power / daya tutup yang lebih baik.

Kaolin

Kaolin yang banyak dipakai adalah jenis Calcined Clay. Kaolin memiliki sifat yangbisa memberikan daya tutup tambahan jika digunakan dalam formulasi cat khususnya cat tembok.

Penggunaan Kaolin biasanya terbatas pada cat tembok kelas menengah atas karena warna dasar dari kaolin sendiri adalah kecoklatan sehingga jika ditambahkan pada formulasi cat tembok akan menyebabkan cat berwarna gelap.

Untuk menutupi efek warna yang dihasilkan dari pemakaian kaolin, maka konsentrasi extender pigment harus ditingkatkan agar mampu menngimbangi efek warna gelap dari kaolin tersebut.

Kaolin mampu memberikan daya tutup yang baik sehingga daya sebar pemakaian cat lebih tinggi. Namun, kaolin memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Calcium Carbonat. Hal inilah yang menyebabkan formulator cat jarang memakai Kaolin.

 

Semoga bermanfaat buat pengetahuan kita bersama-sama ...

Add comment


Security code
Refresh