CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Ingin Tahu Tentang Cat Dinding

Cat sejak dulu sudah banyak digunakan untuk memberi keindahan warna pada sebuah objek maupun permukaan. Cat banyak digunakan karena cat mudah diaplikasikan dan mempunyai banyak pilihan warna. salah satu cat yang paling banyak penggunaanya adalah cat dinding.
 
Cat dinding atau cat tembok begitu beragam mulai dari merk, kualitas, dan rentang harga yang terdapat di pasaran. Saat ini banyak kita temui dinding ruang yang memiliki beragam warna. misalnya, salah satu dinding berwarna kontras dengan warna yang terang sedangkan warna dinding lainnya sebagai latar dengan warna lembut. Konsep pewarnaan dinding seperti itu banyak kita lihat pada rumah-rumah yang ingin membentuk suasana modern. Salah satu cara membangun suasana tersebut adalah dengan penataan warna menggunakan cat dinding.

110407_art05_img02

Tentu saja kehadiran cat dinding yang beraneka ragam mempermudah kita dalam menciptakan sebuah rumah dengan desain warna seperti apa yang kita inginkan. Produsen cat pun kini banyak mengeluarkan produk cat dengan warna-warna yang sangat kontras. Warna-warna tersebut biasanya digunakan sebagai aksen dan penggunaannya pun tidak lepas dari efek yang terdapat dari warna itu sendiri. Tiap warna memiliki kesan dan dampak bagi psikologi pada sebuah ruangan dan mencerminkan kepribadian serta berpengaruh pada kejiwaan penghuninya.

Cat yang beredar di pasaran terdiri dari dua bentuk antara lain yaitu, ready mix dan oplos.

· Ready mix, merupakan cat yang sudah berbentuk kemasan siap jadi, biasanya tersedia dalam satuan liter, galon atau kilogram. Pilihan warnanya sesuai dengan tabel warna yang tersedia.

· Cat oplos, Cat ini memiliki warna yang bisa disesuaikan keinginan dan kebutuhan. Cat ini dibutuhkan apabila konsumen tidak menemukan warna yang sesuai dengan yang diinginkan. Cat ini diolah dalam mesin dengan bantuan komputer. Namun ada pula yang dioplos secara manual.

110407_art05_img03

Sedangkan bahan baku utama dan umum (latex/resin/binder) dari cat tembok adalah:

· Full Arcrylic: Pemakaian untuk interior dan exterior (penekanan di ekterior)

· Styrene Acrylic: pemakaian untuk interior maupun eksterior.

· Vinyl arcrylic: pemakaian untuk interior saja.

Cat dinding tidak hanya memberikan warna yang beragam tetapi juga efek dan motif yang bermacam-macam pula. Efek-efek tersebut dapat diciptakan dengan berbagai cara dan teknik-teknik tertentu.

Add comment


Security code
Refresh