CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Perlihatkan Permukaan Asli

Bangunan tidak pernah lepas dari penggunaan kayu meskipun tidak lagi dominan karena telah diganti dengan berbagai bahan alternatif seperti logam alumunium, atau cor semen untuk kusen-kusen atau pintu.  Namun, hingga saat ini kayu masih menjadi pilihan masyarakat karena mempunyai nilai keindahan dan seni dari sebuah bangunan.

permukaan asli

Bila di rumah anda masih menggunakan kayu pada kusen, pintu, atau perabot yang lain cobalah untuk menampilkan pemukaan aslinya, anda dapat menggunakan cat kayu transparan karena cat ini tidak membuat permukaan kayu tertutupi.   

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas beberapa cat kayu jenis transparan yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat hasil akhir tanpa menutupi permukaan asli kayu.

Politur

Cat transparan jenis politur paling banyak digunakan dan dikenal oleh masyarakat karena telah digunakan sejak dahulu. Politur mudah untuk diaplikasikan dan dapat digunakan baik untuk eksterior atau interior ruangan karena meiliki perlindungan terhadap sinar Ultra Violet (UV).

Melamik                      

Melamik digunakan terutama untuk furnitur minimalis. Melamik memiliki penampilan yang lebih halus jika dibandingkan dengan politur dan lebih tahan terhadap noda karena pori-porinya lebih tertutup tapi tidak memiliki perlindungan UV sehingga hanya dapat digunakan pada interior saja. Permukaannya yang rata dan mengkilap memberikan kesan mewah

Polyurethane

Cat ini cocok digunakan untuk gaya modern klasik karena agak mengkilap, permukaannya yang rata dan menampilkan permukaan alami kayu. Cat ini tahan terhadap benturan, tidak mudah retak dan tahan terhadap noda.

Nitro Cellulose             

Tampilan dari cat ini tipis sehingga tampak natural, tidak mengkilap, tidak berbau pedas, cepat kering, tahan terhadap benturan dan noda.

Akrilik

Cat ini digunakan untuk menampilkan warna muda seperti putih atau pastel karena kejernihannya, tahan benturan dan noda karena mampu menutup pori-pori kayu.

Jadi, kayu masih bisa dijadikan pilihan yang bagus dalam kombinasi dari sebuah bangunan. Selamat mencoba!

 

Add comment


Security code
Refresh