CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Jangan Heran Cat Berubah Warna

Cat dinding rumah anda berubah warna? misalnya pada saat cuaca dingin cat dinding anda berwarna hijau dan berubah menjadi oranye pada saat cuaca panas, anda tidak perlu heran apalagi terkejut. Pada kondisi dan lingkungan tertentu teknologi cat dapat mengalami perubahan warna yang masih terus dikembangkan. Apa yang menyebabkannya?  

cat berubah warna

Perubahan warna pada cat umumnya disebabkan oleh pigmen yang digunakan terjadi bukan karena kualitas pigmen rendah yang menyebabkan pigmen akan rusak apabila terkena panas atau cahaya. Namun perbedaan warna ini disebabkan oleh perubahan struktur kimiawi pigmen yang dipicu oleh perubahan kondisi lingkungan.

Ada 3 jenis pigmen pada teknologi cat yang dapat berubah warna yaitu:

Pigmen Photochromic

Pigmen ini akan berubah warna dari transparan menjadi berwarna ketika dikenai cahaya dan akan kembali menjadi transparan ketika cahaya dihalangi atau dihilangkan. Dengan menggabungkannya dengan pigmen lain maka perubahan warna yang terjadi adalah dari satu warna ke warna lainnya. Perubahan ini dapat terus menerus terjadi hingga ribuan kali tergantung pada aplikasi. Selain pada cat atau coating, pigmen ini juga digunakan pada lensa kaca mata, kosmetik dan mainan. Pigmen ini dapat digunakan pada jendela cerdas (smart window) yang dapat mengontrol intensitas dan spektrum cahaya yang masuk ke ruangan sehingga dapat mengontrol temperatur di dalam ruangan.      

Pigmen Thermochromic

Pigmen inibekerja dengan adanya perubahan temperatur. jika cahaya dapat mengubah struktur ikatan pigmen, perubahan temperatur hanya dapat mengubah konformasi dari pigmen. Pada pigmen tertentu, perubahan ini juga menyebabkan perubahan warna. 

Pigmen Electrochromic

Pigmen ini digunakan pada cat yang dapat berubah warna dengan adanya arus listrik. Artinya arus listriklah yang mengubah warna pigmen. Arus listrik menciptakan kristal spesial pada permukaan yang dapat mengubah warna tergantung pada voltasenya. Pigmen ini hanya bekerja pada substrat yang terbuat dari logam karena diperlukan material konduktif untuk menghantarkan arus listrik. Ketika arus listrik dihilangkan dari cat maka warna akan kembali ke asalnya. Teknologi ini dapat menciptakan warna yang berbeda hanya dengan menekan tombol switch yang dihubungkan dengan arus listrik. Teknologi ini telah digunakan pada cat mobil.    

Apakah anda tertarik untuk mengaplikasikan dinding rumah dengan cat warna yang berubah-ubah?

 

Add comment


Security code
Refresh