CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kreatif Dengan Cat

Dengan kehadiran cat kita dapat menghasilkan kreativitas berupa tampilan yang beragam, tidak hanya terbatas pada menutup dinding dengan cara biasa. Cara-cara ini sudah ada sejak dulu. Pada awalnya cat yang digunakan adalah cat jenis oil based yaitu jenis cat yang memiliki warna yang lebih pekat.

kreatif dengan cat

Seiring dengan perkembangan, masyarakat saat ini lebih banyak menggunakan cat jenis water based karena lebih mudah untuk diaplikasikan dan karakter warnanya lebih ringan serta lebih mudah dibaurkan. Dalam proses aplikasi ada beberapa teknik yang dapat digunakan sebagai berikut:

  • Colour washing

Yaitu teknik yang paling sederhana dan mudah, dengan cara mengaplikasikan lapisan cat tipis berulang kali, cat disapukan saling menyilang dengan kuas besar bisa menggunakan cat oil based maupun cat water based

  • Sponging                

Cat diaplikasikan dengan spons dengan cara ditutulkan secara acak, ekstur spons memberikan efek bercak yang menarik. Jangan menggunakan cat yang terlalu encer sebaiknya gunakan cat yang pekat untuk hasil yang memuaskan.

  • Ragging

Sama dengan sponging namun media bantu yang digunakan adalah kain atau plastik. Aplikasi digunakan dengan cara menggulirkan kain atau plastik tersebut pada permukaan dinding, bisa juga dengan menekan-nekannya. Gunakan warna yang berbeda sebagai warna dasar dan warna aksen.

  • Shading                

Untuk menghasilkan gradasi dari warna gelap ke warna yang lebih terang. Gunakan cat oil based dan cat emulsi, karena bila menggunakan cat jenis water based akan lebih sulit untuk mengontrol warnanya.

  • Spattering

Pengecatan dengan cara mencipratkan cat melalui media kuas atau sikat ke permukaan dinding. Cipratan yang kuat menghasilkan tekstur yang lebih kasar, sedangkan cipratan ringan menghasilkan tekstur yang halus dan lembut. Sebelum mulai bekerja tutup permukaan dinding yang tidak akan diberi efek agar tidak terkena cipratan cat.

  • Stenciling dan Stemping                  

Teknik stenciling adalah teknik mengecat dengan media stensil berpola di dinding, lantai, plafond, permukaan kayu, kain, metal, atau kaca. Sedangkan stemping adalah teknik cat dengan bentuk dan pola tertentu.

  • Faux finishes

Yaitu teknik cat yang digunakan untuk menyerupai pola tertentu misalnya pola marmer, bambu, atau tekstur kayu. Teknik ini cocok diterapkan pada permukaan yang tidak terlalu lebar atau luas, misalnya daun pintu, benda-benda seperti boks, nampan, dan permukaan meja, atau dudukan kursi. Teknik ini cukup sulit untuk dilakukan sehingga dibutuhkan keahlian dan pengalaman untuk mengaplikasikan.

Teknik mana yang akan anda pakai untuk menciptakan kreativitas dengan cat warna?

 

Add comment


Security code
Refresh