CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tidak Perlu Ke Pabrik

Selain mengetahui teknik mengecat yang tepat dan variasi cat, ada baiknya anda tahu juga apa bahan penyusun cat. Untuk mengetahuinya anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke pabrik cat karena cukup membaca artikel ini anda akan tahu bahan-bahan penyusun cat terdiri dari apa saja.

penyusun cat

Cat berkaitan dengan teknologi kimia organik dan kimia polimer. Pada dasarnya penyusun cat terdiri dari Resin/Binder, Pigment, Extender, solvent, dan Additive.

  • Resin atau Binder

Resin atau Binder adalah bahan penyusun utama dalam cat. Resin berfungsi merekatkan komponen-komponen yang ada dan melekatkan keseluruhan bahan pada permukaan suatu bahan (membentuk film). Resin pada dasarnya adalah polymer dimana pada temperatur ruang (atau temperatur applikasi) bentuknya cair, bersifat lengket dan kental. Ada banyak jenis resin, seperti: Natural Oil, Alkyd, Nitro Cellulose, Polyester, Melamine, Acrylic, Epoxy, Polyurethane, Silicone, Fluorocarbon, Venyl, Cellolosic, dll. Resin dibagi berdasarkan mekanisme mengering atau mengerasnya (pembentukan film).

  • Pigment dan Extender                 

Pigment dan dyestuff adalah bagian dari colorant. Dyestuff bersifat larut dalam solvent, sedangkanpigment tidak.Pigment merupakan padatan halus atau bubuk yang ditambahkan ke dalam cat. Pigment memilik fungsi yaitu, memberi karakter khas pada penampilan cat (optis), memberi nilai tambah pada karakter kekuatan cat (protektive), meningkatkan sifat seperti meningkatkan kekerasan, kelenturan, daya tahan terhadap abrasi (reinforcing). Untuk memilih pigment yang tepat dan benar harus dipelajari sifat-sifat umum dari pigmen yaitu, warna dasar, bentuk dan ukuran partikel, berat jenis, oil absorption, hiding power, daya tahan terhadap panas dan asam basa, PH, muatan listrik, dan bleeding. Secara umum pigment dibagi ke dalam dua kategori besar, yang pertama pigment organik yaitu pigmen yang terbentuk dari senyawa-senyawa organik dan pigment anorganik terbentuk dari mineral-mineral atau garam-garam logam yang terbentuk secara alami. Jenis ini dikenal dengan true pigment atau pigmen saja dan extender atau filler. Extender ditambahkan ke dalam cat dengan tujuan menurunkan harga namun pada saat tertentu juga untuk memperbaiki sifat cat.

  • Solvent (pelarut cair)       

Peran solvent selama proses pembuatan, penyimpanan dan pemakaian cat, memperlihatkan peran yang dominan dibanding komponen lainnya. Dengan penambahan solvent yang tepat dan cukup akan menurunkan kekentalan dari resin atau campuran pada suatu titik dimana kekentalannya memenuhi syarat untuk masing-masing proses sehingga cat bisa dikuas, dispray atau dilumurkan.

  • Additive

Additive ditambahkan dalam cat memberi kontribusi yang sangat besar terhadap sifat cat, sehingga cat dapat diproses, disimpan dan dipakai seperti harapan kita.

Tahapan pembuatan cat sangat dipengaruhi oleh teknologi yang dipakai dalam pembuatan cat tersebut, makin canggih teknologi yang dipakai maka makin singkat dan mudah proses pembuatan catnya.

 

Add comment


Security code
Refresh