CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kurangi Biaya Dengan Extender Filler

Extender filleradalah bahan-bahan dalam bentuk tepung yang ditambahkan pada formulasi cat yang berfungsi sebagai bahan pengisi untuk cat tersebut. Penggunaan extender berlebihan tidak meningkatkan kualitas cat tembok yang dihasilkan, tetapi secara tidak langsung akan mengurangi biaya pembuatan cat, baik per kilo maupun per liter.

extender filter

Bahan-bahan Extender filler yang banyak dipakai dalam industri cat ada dua yaitu:

Calcium carbonate           

Pada aplikasi cat tembok kualitas menengah ke bawah banyak digunakan extender filler dari jenis ini. karena warnanya yang putih dan harganya murah. Dengan memakai Calcium Carbonate, pembuat cat dapat memasukkan banyak extender ke dalam formulasi cat temboknya, sehingga akan mengurangi ongkos cat. Kekurangan dari jenis extender filler ini adalah sifat  transparansi Calcium Carbonate kurang bagus dibandingkan dengan extender yang lain, sehingga tidak mampu membantu memberikan hiding power pada cat tembok setelah diaplikasikan. Tapi karena warna dari Calcium Carbonate ini putih bersih, maka penggunaan extender pigment yang berfungsi memberikan daya tutup warna menjadi cukup minimal. Apalagi melihat kenyataan bahwa kebanyakan cat tembok yang dijual berwarna putih maupun warna-warna pastel (warna dasar adalah putih).

Kaolin             

Jenis kaolin yang dipakai adalah Calcined Clay, yaitu kaolin yang ditambang kemudian dibakar sehingga menghasilkan kaolin dengan kealamian tinggi. Penggunaan kaolin biasanya terbatas pada cat tembok kelas menengah-atas (medium-pvc to low-pvc) karena warna dasar dari kaolin adalah kecoklatan (sedikit berwarna abu-abu), sehingga jika ditambahkan pada formulasi cat tembok akan menyebabkan cat berwarna gelap. Untuk menutupi efek warna yang dihasilkan dari pemakaian kaolin, maka penggunaan extender pigment harus ditingkatkan agar mampu menutupi efek warna gelap dari kaolin tersebut. Untuk cat tembok kelas menengah atas, kaolin sangat disukai karena memberikan daya tutup yang baik sehingga daya sebar pemakaian cat lebih tinggi. Harga kaolin sendiri berkisar antara 3-4x lipat lebih mahal dibanding dengan harga Calcium Carbonate.

Kedua extender filler tersebut adalah yang paling banyak digunakan untuk bahan penyusun cat. Penggunaan extender filler secara tidak langsung akan mengurangi biaya dalam pembuatan cat serta dapat memperbaiki sifat dari cat tersebut.

Add comment


Security code
Refresh