CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Jenis Additive Pada Pembuatan Cat

Additive ditambahkan ke dalam cat disesuaikan dengan solvent apa yang dipakai (solvent atau water base), apa jenis resinnya, bagaimana pemakaiannya dan bagaimana mekanisme pengeringannya. Setiap supplier additive biasanya memberi informasi yang jelas tentang apa dan bagaimana additive harus digunakan.

pembuatan cat

Additive biasanya dibagi berdasarkan fungsinya. Berikut ini adalah beberapa additive yang biasa dipakai dalam industri cat.              

Mempercepat Atau Mempermudah Proses

Wetting agentmempermudah atau mempercepat proses penggantian udara dan air oleh resin pada permukaan pigment atau extender, Dispersing agent mempermudah distribusi pigment dan extender ke dalam cairan resin.

Mengurangi Akibat Jelek Selama Penyimpanan

Anti skinning agentmencegah proses pengulitan pada permukaan cat (oil atau alkyd base resin) selama penyimpanan, Thickening agent mempertahankan kekentalan cat atau melindungi cat selalu dalam kondisi koloid, dan Anti settling agent mempertahankan pigment selalu berada pada kondisi dispersi yang stabil dalam campuran, sehingga tidak mengendap.

Mengurangi Akibat Jelek Selama Pemakaian

Anti saggingmencegah turunnya atau melelehnya cat jika dipakai pada permukaan tegak, Levelling agent meningkatkan kualitas permukaan cat, sehingga permukaannya rata tidak bergelombang, Anti flooding & floatin mencegah pemisahan pigment baik secara vertikal maupun horizontal, Anti foaming Mencegah atau menghilangkan timbulnya busa pada permukaan cat.

Memperbaiki Atau Merubah  Sifat Film  

Anti static agent mencegah atau mengurangi timbulnya arus listrik static selama pemaikaian, Dryer mempercepat reaksi oksidasi dan polymerisasi dari ikatan tak jenuh pada cat jenis alkyd atau synthetic (mengandung drying oil), dan Catalyst untuk mempercepat reaksi crosslinking antara resin amino dan alkyd polyol (atau turunannya), biasanya dipakai senyawa-senyawa asam organik maupun anorganik, Plasticizer Meningkatkan fleksibilitas cat, terutama pada cat yang mempunyai berat molekul yang besar, seperti NC, Anti fouling agent mencegah timbulnya atau melekatnya tumbuhan air laut pada dasar dinding kapal, Matting agent menurunkan derajat kilap lapisan cat (dari gloss ke semi gloss atau dari semi ke dof/matt), serta Anti fungus mencegah timbulnya jamur. (Susyanto, 2009a).

Add comment


Security code
Refresh