CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Jaga Ornamen Kayu Pada Rumah Anda

Bangunan sebuah rumah tidak pernah terlepas dari kehadiran kayu, biasanya rumah menggunakan kayu untuk bagian-bagian seperti daun pintu, jendela, kusen, meja, kursi, maupun lemari. Penggunaan kayu-kayu tersebut turut mendukung keindahan sebuah rumah sehingga harus dijaga agar tetap tampak cantik, antik, dan awet.

ornamen kayu

Untuk membuat kayu tampak indah dapat dilakukan dengan cara pengecatan. Sehingga Anda harus mengenal jenis-jenis cat kayu agar tidak terjadi kesalahan dalam menggunakan cat. Ada 2 jenis media pengecatan kayu yaitu kayu dengan seratnya tertutup dan kayu dengan seratnya tampak jelas hingga akan menambah keindahan. Jenis cat kayu untuk yang nampak seratnya ada 3 jenis diantaranya:

1.     NC System Transparancy

2.     Melamine System Transparancy

3.     Polyurethane System Transparancy

 

Ketiga cat tersebut dikenal dengan cat 2 Component yaitu Melamine dan Polyurethane. Ketiganya masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan,

  • NC, semi gloss, natural, 1 component, tak berbau, penampilan kayu lebih natural, lambat laun menguning, sifatnya tidak keras                       
  • Melamine, mengkilap, rata permukaan, berkesan mewah, berbau menyengat, tidak tahan benturan.
  • Polyurethane, mengkilap, permukaan halus, lebih alami, 2 component, tidak berbau pedas, tahan terhadap jamur, permukaan licin, flexible.

Pengaplikasiannya gunakan spray gun sehingga hasil yang diperoleh lebih sempurna. Untuk cat melamine lebih banyak diguankan untuk mengecat mebel, sedangkan untuk kusen atau jendela lebih banyak menggunakan cat kayu jenis polyurethane.

Tujuan kita mengenal cat kayu adalah untuk menjaga agar elemen kayu pada rumah tetap terjaga lebih baik.

Add comment


Security code
Refresh