CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Popularitas Bahan Baku Latex

Pada umumnya latex yang dipakai pada cat tembok adalah latex jenis acrylic technology seperti  latex full acrylic (atau 100% Acrylic), latex styrene acrylic, latex vinyl acrylic dimana untuk semua latex yang dibuat diberi embel-embel "acrylic".

bahan baku latex

Selain ketiga jenis latex diatas, adapula bahan baku latex lain yang mulai menanjak popularitasnya antara lain :

Veova

Ini adalah modifikasi latex yang terbuat dari building block acrylic, vinyl acetate, dan Veova monomers yang diklaim memiliki keunggulan dalam pemakaian interior dan exterior. Dalam beberapa test, produsen latex jenis ini menekankan bahwa untuk aplikasi exterior ekonomis, latex jenis veova mampu mengungguli daya tahan exterior latex jenis styrene acrylic. Sehingga latex veova banyak digunakan juga untuk aplikasi 2 in 1.

Vae (vinyl acetate / ethylene)

Ini adalah teknologi baru yang diperkenalkan sebagai binder pada aplikasi cat tembok. Seperti diketahui, cat tembok adalah cat berjenis Water-Borne, dimana dalam formulasinya tidak murni 100% berbahan dasar air, tapi tetap perlu ditambahkan solvent tertentu untuk membantu mempermudah cat tersebut mencapai hasil aplikasi yang diinginkan. Adapun karena berkembangnya kesadaran masyarakat akan pengurangan pencemaran lingkungan, maka sekarang diinginkan adanya produk dengan label Green Product, yang berarti tidak mencemari lingkungan atau sangat minim sekali mencemari lingkungan. Penggunaan solvent dalam formulasi cat tembok akan menyebabkan cat tersebut memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compound, atau bahan yang mudah menguap) yang dituding sebagai biang kerok perusak lingkungan. Adapun dengan pemakaian latex berjenis vae, maka penggunaan solvent sebagai additif cat tembok bisa dihilangkan karena sifat vae ini adalah low additif demand untuk mencapai performance cat yang diinginkan. Adapun kekurangannya adalah secara kualitas dan juga harga menjadi kurang menarik dibanding latex jenis lain (mengurangi pemakaian solvent tapi harga latex vae lebih mahal dan performance kualitas cat yang dihasilkan masih dibawah latex jenis lain). (sumber: tgcoatings.blogspot.com)

Add comment


Security code
Refresh