CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Jenis Cat

Cat adalah campuran zat padat yang dikemas dalam bentuk cair. Fungsinya untuk melindungi dan memperindah permukaan substrat. Berdasarkan bahan pencampurnya, secara garis besar cat ada 2 macam yaitu:

alt

  • Cat water-base , cat yang berbahan dasar air sehingga untuk melarutkannya hanya membutuhkan air. Cat dengan bahan dasar air tidak menghasilkan efek kimia yang tinggi dalam larutan cat sehingga cat ini ramah lingkungan. Contohnya, cat tembok, cat genteng, atau cat lukis.
  • Cat solvent-base, cat yang dapat dilarutkan dengan sejenis minyak / thinner. Cat ini hanya diaplikasikan sebagai cat kayu dan besi, dan cat untuk keperluan industri, otomotif, dan furnitur.

Sedangkan, berdasarkan lokasi aplikasinya, cat biasanya dibedakan menjadi:

Cat interior , pada umumnya segala jenis cat dapat diaplikasikan pada bidang-bidang yang terletak di dalam bangunan, karena relatif tidak terlalu banyak mendapat gangguan panas dan kelembaban.

Cat eksterior , pada aplikasi eksterior diperlukan cat dengan kualitas yang lebih baik daripada interior. Wajar saja, karena cat di bidang-bidang eksterior menghadapi paparan langsung sinar matahari, air hujan, kelembaban. Karena kita berada di iklim tropis, bidang tembok yang lembab adalah tempat yang sangat disukai oleh lumut dan jamur untuk tumbuh.

Add comment


Security code
Refresh