CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kualitas Air Sebagai Thinner Untuk Cat Tembok Water Based

Bila kita berbicara mengenai bahan penyusun cat tembok untuk jenis cat tembok water-based, kita akan membahas mengenai thinner pada aplikasi cat tembok yaitu air. Tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar air bisa digunakan sebagai thinner yang baik pada aplikasi cat tembok.

cat tembok water baseAir yang digunakan dalam proses produksi dan saat aplikasi pada cat tembok memerlukan pengenceran. Oleh karena itu ada beberapa syarat umum air yang digunakan untuk cat tembok, apa saja syaratnya kita simak bersama artikel berikut.

Pada aplikasi cat tembok water based, menggunakan air sebagai thinner sehingga air tersebut harus memiliki kualitas yang bagus seperti yang di ambil dari tgcoatings.blogspot.com yaitu:

 

 

  • Bersih, tidak berwarna, tidak berbau.
  • Tidak sadah.
  • Tidak mengandung unsur-unsur logam.
  • Tidak mengandung mikroorganisme yang merusak.
  • Jika mengandung trace minerals dalam bentuk apapun.

Jika air yang dipergunakan adalah sadah (jenuh oleh garam tertentu), maka akan banyak terjadi masalah pada proses produksinya. Air yang tidak memiliki unsur logam adalah air demineralisasi, yang bisa didapatkan dengan mengalirkan air pada kolom ion-exchanger. Kesadahan air juga bisa dihilangkan dengan proses pertukaran ion tersebut. Sedangkan syarat terakhir yang dituliskan adalah hanya jika dimungkinkan, karena untuk mendapatkan air tanpa trace minerals berarti harus menggunakan "Aqua Destilasi" yang berharga cukup tinggi. Kualitas air akan berpengaruh besar pada pembuatan cat tembok. Adanya mineral dan logam akan memungkinkan terjadinya reaksi yang tidak diharapkan pada cat tembok yang diproduksi, sehingga bisa terjadi efek-efek yang tidak diinginkan (discoloration atau perubahan warna, kerusakan polymer, dll).

Add comment


Security code
Refresh