CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tentang Cat

Desain sebuah rumah hampir tidak pernah lepas dari warna, warna diperoleh dari cat yang diaplikasikan pada dinding. Cat yaitu bahan pelapis untuk memperindah, melindungi, dan menampilkan fungsi spesial lainnya pada sebuah permukaan atau objek.

tentang cat

cat memiliki beberapa sifat dasar sebagai berikut:

  • Daya rekat.
  • Mudah diaplikasikan.
  • Dapat menutupi permukaan dengan mudah dan membentuk kohesive film (bagian cat yang menempel).
  • Memberi perlindungan.
  • Dapat tahan lama.
  • Kualitas yang konsisiten.

Selain itu, cat juga memiliki sifat-sifat yang spesifik misalnya, cat untuk dapur biasanya cat yang tahan minyak dan mudah dibersihkan, cat untuk kolam renang yaitu cat yang tahan air, dan cat untuk pesawat udara menggunakan cat yang tahan terhadap perubahan suhu dll.

Secara umum dibuat dengan formulasi yang terdiri dari:

Binder: komponen yang membentuk kontinuitas film (bagian cat yang menempel) berfungsi sebagai daya rekat. Binder berdasarkan cara pembentukannya terdiri dari solid, oksidasi, katalis, panas, dan tipe emulsion.

Solvent/thinner: digunakan untuk melarutkan dan membantu penguapan yang tidak menjadi bagian pada lapisan kering. Berfungsi sebagai pelarut, control vicositas (kekentalan), dan mengontrol waktu pengeringan.

Pigment: partikel padat yang menyebar dalam cat dan tidak larut dala binder. Fungsinya untuk keindahan, pelindung, dan fungsi spesial.

Additive: untuk memberikan atau memperbaiki sifat khusus yang tidak dimiliki oleh binder, solvent, dan pigment. Fungsinya untuk kekentalan.

Extender: material yang menyebar dalam cat, tidak larut dalam binder. Fungsinya untuk memodifikasi dan memperbaiki sifat cat seperti flow, gloss, filler (pengisi cat misalnya kalsium karbonat).

Add comment


Security code
Refresh