CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Mengetahui Formulasi Dan Proses Produksi Cat

Bahan formulasi untuk membuat cat pada umumnya terdiri dari 4 komponen. Bahan-bahan tersebut memiliki fungsi yang saling melengkapi antar satu komponen dengan komponen yang lainnya. Ke 4 komponen tersebut antara lain yaitu binder, additive, solvent/thinner, dan pigment

proses produksi cat

Bagaiman fungsi masing-masing dari bahan tersebut dan bagaimana proses produksi cat? Mari kita bahas bersama-sama:

Bahan Formulasi Cat:

Binder/resin, yaitu formulasi cat yang berfungsi sebagai perekat atau lem, untuk mengikat pigmen pada permukaan Bahan yang berfungsi untuk mengikat pigmen pada permukaan media yang dicat. Binder ada 2 jenis,

  • Binder sintetis atau buatan misalnya, alkyd dan vinyl yang digunakan dalam formula cat.
  • Additive, untuk memberi atau memperbaiki sifat khusus yang tidak dimiliki oleh binder, solvent, dan pigment.
  • Solvent/thinner, pelarut yang menyatukan pigmen dan binder sehingga membentuk larutan yang sempurna. Solvent digunakan untuk cat berhahan dasar minyak yaitu solvent sebagai pelarut atau sering disebut dengan solvent based sedagkan cat yang berbahan dasar air meggunakan air sebagai pelarut atau water based.

Pigment, formula padat/bubuk yang berfungsi sebagai pewarna. Jenis, kadar, dan komposisi pigmen dalam larutan berpengaruh terhadap kualitas cat itu sendiri. Sumber warna pigment yang paling digunakan adalah pigment putih yang berasal dari unsur titanium oksida (tiO2).

Proses Produksi Cat:

Proses produksi cat melalui beberapa proses, yaitu:

  • pre-mixing, proses pencampuran awal dimana bagian padat dari cat seperti pigmen dan extender/filler didispersikan ke pelarutnya dengan tambahan aditif yang sesuai seperti dispersing agent dan wetting agent.
  • grinding, proses grinding partikel-partikel pigmen dihaluskan dengan mesin giling/grinder agar ukuran partikel menjadi lebih kecil dan diperoleh kehalusan dan warna yang diinginkan.
  • Selanjutnya adalah proses finishing yang meliputi let-down, filtering, color matching sampai packaging (dikemas).

Add comment


Security code
Refresh