CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Melihat Beberapa Jenis Cat

Cat banyak macam dan jenisnya. Jenis-jenis cat biasanya dibagi berdasarkan bahan baku utama, fungsi cat, jenis substrate (media yang dicat), kondisi cat, keberadaan solvent, dll. Penggunaannya juga disesuaikan dengan fungsi dari masing-masing cat.

jenis cat

Misalnya bila kita akan mengecat tembok rumah, maka kita dapat menggunakan cat tembok yaitu cat dari bahan dasar air (water based). Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa jenis cat. Selamat membaca!

Cat water based, cat yang berbahan dasar (pelarutnya) air. Cat dengan bahan dasar air tidak menghasilkan efek kimia yang tinggi dalam larutan cat sehingga cat ini ramah lingkungan. Contoh: cat tembok dan cat genteng.

Cat solvent based, jenis cat solvent based adalah cat yang bahan dasar atau pelarunya adalah thinner/minyak. Cat ini dikategorikan sebagai cat yang tidak ramah lingkungan karena dapat mengganggu kesehatan pernafasan manusia. karena itulah pemakaian minyak dalam cat diminimalkan. Karena berbahaya, produsen cat bangunan untuk hunian tidak lagi memproduksi cat jenis ini, dan cat ini hanya diaplikasikan sebagai cat untuk keperluan industri, otomotif, dan furniture.

Cat industri, cat yang digunakan sebagai bahan pewarna barang-barang industri seperti tekstil, kertas, ataupun plastik. Bentuk cat ini bisa berbentuk serbuk ataupun pastel.

Coating, coating atau protective coating adalah cat yang berfungsi sebagai pelindung atau pelapis. Fungsinya antara lain sebagai pelindung dari goresan, anti asam, dan anti kadar garam yang tinggi. Cat ini diaplikasikan sebagai cat kapal komersil, kapal selam, dan kapal pesiar yang bersinggungan dengan air laut.

Cat sintetis, cat besi yang paling umum ditemui di pasaran.

Cat epoxy, adalah cat yang memiliki kekuatan melindungi

Cat duco, cat yang digunakan untuk mengecat mobil dengan sistem semprot bertekanan tinggi.

Cat otomotif, cat ini digunakan untuk mengecat seluruh bagian onderdil kendaraan seperti knalpot, mesin, hingga bingkai spion. Pelarut yang digunakan berdaya kering tinggi sehingga mengahasilkan daya lekat cat yang kuat. pengeringan cat dilakukan dengan sistem oven.

Cat efek, cat yang dapat menghasilkan tampilan yang berbeda-beda yang lebih kreatif. Misalnya cat untuk memunculkan efek glitter.

Add comment


Security code
Refresh