CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Yang Harus Anda ketahui Tentang Cat Tembok

Mewarnai rumah dengan cat tembok mampu membuat tampilan rumah Anda menjadi indah dan penuh warna. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang cat tembok sebelum Anda mengaplikasikannya pada dinding interior.

cat tembok

Jenis cat tembok

Cat tembok yang bisa digunakan untuk mengecat dinding rumah ada 2 macam yaitu cat tembok untuk interior dan cat tembok untuk eksterior.

1.     Cat untuk eksterior

Cat untuk bagian luar rumah, digunakan sebagai perlindungan terhadap hujan dan sinar matahari, di samping memberi aspek estetika pada tembok dan juga berfungsi melindungi tembok dari cuaca.

Terpaan sinar matahari dan hujan serta perubahan suhu akibat perubahan cuaca membuat tembok luar cepat mengalami kerusakan,misalnya retak-retakakibat proses pemuaian dan penyusutan. Dibutuhkan cat tembok yang bersifat fleksibel atau berbahan lateks acrillic.

Selain itu, terpaan polusi asap kendaraan sangat mempengaruhi durasi kecemerlangan cat. Untuk itu dperlukan cat eksterior yang tahan terhadap cuaca dan polusi serta memiliki daya tahan yang baik.

2.     Cat untuk interior

Cat interior digunakan untuk mengecat bagian dalam rumah. Jenis cat ini dapat dilihat dari kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya.

Jenis cat ini juga mudah dibersihkan jika ada noda/kotoran sehingga mudah dalam perawatan dan berbahan dasar air (water based).

Dilihat dari tingkat kilapnya, biasanya cat tembok berbahan dasar air dapat dibedakan menjadi 2 yaitu doff dan semi kilap.

Sedangkan menurut bahan utamanya cat tembok terdiri dari:

  • Cat tembok berbahan lateks yaitu jenis cat yang pelarutnya berbahan dasar air (water based)
  • Cat tembok berbahan minyak yaitu jenis cat tembok yang pelarutnya berupa pelarut kimia (solvent based).

Pilihlah jenis cat tembok yang sesuai, jika Anda akan mengecat bagian eksterior, gunakan cat khusus untuk eksterior dan sebaliknya pilihlah cat tembok interior untuk mengecat bagian interior rumah Anda.

Add comment


Security code
Refresh