CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Beberapa Tampilan Kilap Cat

Cat tidak hanya dilihat dari warna saja tetapi juga tampilan kilap yang dipancarkan ketika sudah diaplikasikan pada sebuah permukaan. Tingkat kilap cat diantaranya yaitu, matt/doff, eggshell, semigloss, dan gloss.

tampilan cat


Untuk cat dinding berbasis air (water based) tampilannya biasanya tidak  mengkilap. Sebaliknya, cat kayu dan besi yang berbahan dasar minyak (solvent based) memiliki tampilan yang mengkilap. Pilihan tentu tergantung selera dan kebutuhan masing-masing. Yang jelas, dilihat dari fungsinya cat dinding mengkilap dengan permukaan licin biasanya digunakan untuk ruangan lembab seperti kamar mandi dan dapur. Jadi, kalau ada kotoran menempel, lebih mudah dibersihkan. Sedangkan untuk ruang tamu, ruang tidur, dan ruang keluarga, lebih sering dipakai cat dengan hasil matt atau semi gloss.

Tampilan cat yang berbeda-beda tersebut dipengaruhi oleh kandungan pigmen yang terdapat dalam larutan cat. Semakin cat tersebut tampil mengkilap maka semakin rendah kandungan pigmennya. Umumnya ada 4 jenis tampilan pada cat tembok yang banyak kita jumpai yaitu:

  • Matt atau flat, matt atau dikenal dengan istilah doff, sedikit memberikan efek gilap pada permukaan. Karena banyak mengandung pigmen, tampilan ini biasanya lebih tahan cuaca dan panas matahari. Adapun efek gilap dari cat ini berasal dari lapisan film-formers
  • Eggshell, salah satu kelebihan dari tampilan cat ini adalah daya pantul yang rendah dan relatif lebih mudah dibersihkan ketimbang tampilan matt. Sesuai namanya, tampilan ini menyerupai kulit telur dan sempat menjadi tren pada masa lalu.
  • Semi gloss, mewah dan elegan, itulah tampilan yang ditawarkan oleh tampilan silk atau satin. tampilan ini biasa diaplikasikan ke ruang yang elite seperti caffe, ruang galeri, atau restaurant mewah. Cat ini sering dimanfaatkan untuk cat lis prolis atau hiasan tertentu karena menghasilkan permukaan yang halus dan berkilau. Tampilan silk susah dibedakan secara kasat mata, dan untuk mengetahuinya harus diraba teksturnya supaya bisa diketahui jenis tampilannya.
  • Glossy, ada dua macam tipe glossy, yaitu semigloss yang memiliki tingkat gilap lebih rendah dari high-gloss. Cat ini kuat dan tahan lama serta tidak mudah mengelupas dan mudah dibersihkan. Tipe satunya adalah high-gloss, dengan tampilan amat kilap, berkilauan dan mudah dibersihkan. Cat ini amat diminati karena ketahanannya yang sangat bagus. tampilan glossy amat sesuai untuk bidang yang kerap terkena pantulan cahaya.

Untuk cat tembok yang berbahan dasar air (water based) biasanya tidak mengkilap, sedangkan cat dengan bahan dasar minyak (solvent based) memiliki kilap misalnya cat kayu dan cat besi.

Add comment


Security code
Refresh