CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Bahan Penyusun Pada Cat

Cat yaitu bahan pelapis yang digunakan untuk melindungi suatu permukaan baik itu permukaan tembok, kayu, besi, genteng dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bahan-bahan penyusun pada cat tembok, apa saja? Lihat di bawah ini:

Pigment, bahan yang memberi warna pada cat seperti Pigment Putih (Titanium Dioxide) dan Pigment Kuning (Zinc Oxide).

Pigment Extender / filler, meningkatkan daya rekat dan membantu pigment utama. Contohnya, calcium carbonat, kaolin clay, dan talc powder.

Binder, sebagai pengikat pigment merekatkan cat pada bidang permukaan dan membentuk lapisan film. Contohnya, Acrylic, Vinyl Acrylic, dan Styrene Acrylic.

 

Additive: merupakan zat tambahan dalam jumlah relatif sedikit yang mempengaruhi sifat fisika dan sifat kimiawi campuran cat dekoratif. Beberapa contoh dan fungsi dari additive diantaranya adalah :

· Thickener ::: menghasilkan kekentalan tertentu, menjaga kestabilan emulsi agar filler dan liquid tidak memisah.

· Anti-foam ::: mencegah timbulnya busa pada saat cat diaduk di pabrik, pada saat cat diaduk dalam kemasannya dan pada saat cat diaplikasikan di permukaan.

· Biocide ::: mencegah timbulnya jamur di dalam kaleng/kemasan dan di permukaan tembok yang sudah dicat.

Selain digunakan untuk mewarnai dan melindungi permukaan, cat juga digunakan sebagai karya seni misalnya seni lukis dan dapat juga sebagai pengawet untuk mencegah kerusakan oleh air. Adapun jenis cat yaitu water based terdiri dari cat air dan cat tembok, solvent based diantaranya cat mobil, cat duco, cat kayu dan besi, dan cat minyak.

Add comment


Security code
Refresh