CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Mengecat? Gunakan Kuas dan Roller

Mengecat adalah pekerjaan yang mudah untuk mengubah tampilan sebuah permukaan, objek, atau interior menjadi lebih indah dan cantik. Tentu saja untuk melakukannya kita membutuhkan alat yang dapat digunakan dalam proses pengecatan.

Selain cat kita juga membutuhkan alat yang disebut kuas dan roller untuk proses pengaplikasian. Berikut dijelaskan mengenai kuas cat dan roller cat:

Kuas cat

kuas

Kuas memiliki bagian-bagian yaitu bulu kuas, pegangan, dan pengikat dri logam yang berfungsi menyatukan keduanya. Bulu kuas, dapat berupa bulu hewan atau serat sintetis, biasanya bulu kuas dari hewan digunakan untuk cat minyak. Jangan gunakan kuas bulu hewan untuk cat dengan bahan dasr air karena bulu hewan dapat menyerap air sehingga kuas akan mengembang dan sulit untuk diarahkan. Sebaiknya gunakan kuas nylon atau polyester untuk cat berbahan dasar air atau water based, kuas jenis ini tidak menyerap air dan tidak mengembang.

Pilihlah kuas yang berkualitas yaitu bulu kuas yang meruncing di bagian ujungnya. Hal ini menjadikan kuas lebih fleksibel. Bulu kuas yang meruncing ini adalah salah satu tanda kuas yang bagus. Jangan memilih kuas yang pangkal dan ujung bulunya sama tebalnya. Kuas yang baik memiliki bulu kuas yang lebih panjang dan lebih banyak sehingga mampu menyerap cat lebih banyak dan menghasilkan lapisan cat yang lebih halus serta  tidak meninggalkan bekas kuasan. Kuas ini sangat ideal untuk mendapatkan hasil pengecatan yang bagus dan biasanya untuk cat dengan tampilan yang mengkilap.

Sedangkan kuas yang memakai bulu pendek yang ditopang dengan potongan kayu berbentuk V biasanya ini adalah kuas yang murah, tujuannya agar bulu kuas terlihat lebih tebal. Kuas ini tidak dapat menyerap cat dengan baik dan bulu yang pendek cenderung meninggalkan bekas kuasan (brush mark) pada hasil pengecatan. Kuas ukuran lebar biasanya digunakan untuk mengecat permukaan yang lebar, untuk kuas yang kecil digunakan pada pengecatan yang membutuhkan ketelitian tertentu misalnya untuk mengecat kusen.

Bersihkan kuas setiap kali anda selesai menggunakannya agar kuas tetap bagus dan tahan lama.

 

Roller Cat

roll catDigunakan untuk mengecat bagian permukaan yang luas dan tinggi misalnya plafond (langit-langit). Pilihlah roller yang tepat seperti roller yang berasal dari bulu domba atau wool karena roller dari bahan ini mampu menyerap cat lebih banyak dan tidak memercikkan cat serta tidak meninggalkan bekas. Inilah roller dengan kualitas bagus. Hindarkan memilih roller dari polyester yang lebih banyak memercikkan cat, serat mudah lepas dan tertinggal di cat. Dalam proses pengecatan sebaiknya ukuran roller disesuaikan dengan permukaan, jenis cat dan hasil akhir yang diinginkan.

 

Roller ada beberapa jenis yaitu:

  • Roller sudut, untuk mengecat sudut dan perbatasan dinding.
  • Roller trim, untuk mengecat bidang sempit.
  • Roller radiator, untuk mengecat bagian belakang radiator, toilet, dan pemanas air.
  • Roller khusus untuk mengecat permukaan yang bundar seperti pipa dan pilar.
  • Roller busa, untuk mengecat besi tempa dan railing tangga.

Selain itu, pilihlah roller dengan pegangan yang terbuat dari kawat Karen  dapat menahan roller dengan baik, mendukung putaran, dan tahan lama. Jangan gunakan roller dengan pegangan yang menggunakan sekrup untuk menahan roller.

 

Add comment


Security code
Refresh