CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gunakan Kuas Untuk Mengecat

Kuas memiliki bagian-bagian yaitu bulu kuas, pegangan, dan pengikat dri logam yang berfungsi menyatukan keduanya. Bulu kuas, dapat berupa bulu hewan atau serat sintetis, biasanya bulu kuas dari hewan digunakan untuk cat minyak. 

 

Gunakan kuas untuk mengecat

 

Jangan gunakan kuas bulu hewan untuk cat dengan bahan dasr air karena bulu hewan dapat menyerap air sehingga kuas akan mengembang dan sulit untuk diarahkan. Sebaiknya gunakan kuas nylon atau polyester untuk cat berbahan dasar air atau water based, kuas jenis ini tidak menyerap air dan tidak mengembang.

Pilihlah kuas yang berkualitas yaitu bulu kuas yang meruncing di bagian ujungnya. Hal ini menjadikan kuas lebih fleksibel. Bulu kuas yang meruncing ini adalah salah satu tanda kuas yang bagus. Jangan memilih kuas yang pangkal dan ujung bulunya sama tebalnya. Kuas yang baik memiliki bulu kuas yang lebih panjang dan lebih banyak sehingga mampu menyerap cat lebih banyak dan menghasilkan lapisan cat yang lebih halus serta tidak meninggalkan bekas kuasan.

Kuas ini sangat ideal untuk mendapatkan hasil pengecatan yang bagus dan biasanya untuk cat dengan tampilan yang mengkilap. Sedangkan kuas yang memakai bulu pendek yang ditopang dengan potongan kayu berbentuk V biasanya ini adalah kuas yang murah, tujuannya agar bulu kuas terlihat lebih tebal. Kuas ini tidak dapat menyerap cat dengan baik dan bulu yang pendek cenderung meninggalkan bekas kuasan (brush mark) pada hasil pengecatan.

Kuas ukuran lebar biasanya digunakan untuk mengecat permukaan yang lebar, untuk kuas yang kecil digunakan pada pengecatan yang membutuhkan ketelitian tertentu misalnya untuk mengecat kusen.

 

 

 

Cat Tembok Sanlex Wonder

 

 
 

Add comment


Security code
Refresh