CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tembok Eksterior Bertahan Lama Dengan Teknik Pengecatan Yang Benar

Kondisi tembok eksterior berbeda dengan tembok interior. Untuk tembok eksterior, lapisan cat yang diaplikasikan biasanya banyak yang mengalami masalah seperti warna cat memudar dan berlumut. Hal tersebut disebabkan tembok eksterior secara langsung terkena sinar matahari serta perubahan cuaca.

Agar lapisan cat tembok eksterior tetap awet, selain menggunakan cat dengan kualitas bagus, Anda juga bisa siasati dengan langkah-langkah pengaplikasian yang tepat. Persiapan apa saja yang harus dilakukan?  Kita lihat berikut ini:   

• Pastikan tembok dalam keadaan baik, bersih dari lumut / jamur. Jika masih ada jamur atau lumut, sebaiknya lakukan pembersihan dengan pengamplasan hingga benar-benar bersih. Karena kalau kurang bersih lumut dan jamur akan mudah tumbuh kembali atau membusuk yang akhirnya menyebabkan daya lekat cat tidak maksimal.

• Jangan gunakan plamir kalsium. Memang plamir membuat tampilan tembok kita menjadi terlihat sangat rata, tapi muncul resiko di kemudian hari karena dengan penggunaan plamir akan memicu pengelupasan dan mudah ditumbuhi jamur / lumut. Oleh karena itu pergunakan penambahan lem sintetic campuran plamir yang lebih banyak sehingga permukaan tembok seperti dilapisi plastic (sifat lem sintetis).

• Sebaiknya dan sangat dianjurkan untuk memberi lapisan cat dasar. Gunakan produk alkali resisting primer untuk dinding baru dan produk alkali resisting sealer untuk tembok lama.

• Pada saat proses pengaplikasian cat akhir (finishing coat) , jangan melakukan pengecatan  awal  dengan cat yang kental. Beri lapisan cat dasar dengan tipis-tipis saja hal ini dimaksudkan agar cat juga menutupi pori pori tembok, setelah kering baru dilakukan pengecatan yang berulang sampai selesai.

• Dalam pengecatan buatlah alur kuas atau rol atas bawah, bukan samping kiri dan kanan. Bisa menggunakan pola "W" ataupun "M", yang memastikan seluruh permukaan dinding telah tertutupi dengan rata.

• Pastikan Anda menggunakan jenis cat yang sesuai peruntukannya yaitu cat untuk eksterior.

Dengan begitu, Anda bisa membuat kondisi lapisan cat eksterior Anda menjadi lebih tahan lama.

Add comment


Security code
Refresh